Humanities Horizon Journal
Vol. 1 No. 1 (2024)

Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Lectora Inspire pada Mata Pelajaran Geografi

Wahyuning Sasi (Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim)
Saiful Amin (Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim)



Article Info

Publish Date
04 Apr 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran lectora inspire dan mengetahui kelayakan pada mata pelajaran geografi di SMA Sultan Agung Puger Jember, Indonesia. Model penelitian dan pengembangan (Research and Development) ini mengacu pada model ADDIE. Produk media yang dikembangkan divalidasi 1 ahli materi dan 1 ahli desin media. Selanjutnya medi adiujikan kepada 1 guru geografi dan 30 siswa kelas 10 IPS di SMA Sultan Agung Puger Jember yang sedang mempelajari materi DInamika Litosfer dan dampaknya terhadap kehidupan. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif yaitu statistik deskriptif dan analisis kualitatif meninjau tanggapan validator desain, materi, guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran lectora inspire memiliki tingkat kelayakan dari: ahli media sebesar 90 persen, ahli materi sebesar 95 persen, guru sebesar 95 persen, dan siswa sebesar 87 persen. Nilai rata–rata kelayakan media lectora inspire adalah sebesar 91,75 persen dan berada pada kategori sangat baik. Hal tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran lectora inspire layak digunakan sebagai media pembelajaran terutama pada mata pelajaran geografi materi Dinamika Litosfer dan Dampaknya Terhadap kehidupan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

home

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Humanities Horizon encourages contributions that engage with the issues, debates, and contemporary challenges faced by humanity in the 21st century, including globalization, environmental sustainability, social justice, technological advancement, and cultural diversity. We are committed to promoting ...