Humanities Horizon Journal
Vol. 1 No. 1 (2024)

Pengembangan Aplikasi SIVIRCADO (Situs Virtual Candi-Candi di Sidoarjo) Berbasis Virtual Tour sebagai Media Pembelajaran IPS di SMP Bina Budi Mulia Malang

Suryani Naiborhu (Universitas Negeri Malang)
Bayu Kurniawan (Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
04 Apr 2024

Abstract

Pendidikan di era teknologi abad 21 mengalami perkembangan signifikan dengan adopsi media pembelajaran berbasis ICT. Namun, pembelajaran IPS, khususnya sejarah, masih menggunakan media konvensional. Untuk mengatasi hal ini, penelitian mengembangkan aplikasi SIVIRCADO (Situs Virtual Candi-Candi di Sidoarjo) Berbasis Virtual Tour sebagai media pembelajaran IPS pada materi peninggalan Hindu-Buddha. Metode penelitian yang digunakan adalah research and development dengan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian melibatkan 30 peserta didik dan 1 guru IPS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi ini memiliki lima tahapan pengembangan dan dapat direkomendasikan untuk penelitian eksperimen di kelas guna menguji efektivitasnya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

home

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Humanities Horizon encourages contributions that engage with the issues, debates, and contemporary challenges faced by humanity in the 21st century, including globalization, environmental sustainability, social justice, technological advancement, and cultural diversity. We are committed to promoting ...