Jurnal Ilmiah Arena Tekstil
Vol 29, No 2 (2014)

DEKOLORISASI FOTOKATALITIK ZAT WARNA REMAZOL BLACK 5 DENGAN MENGGUNAKAN NANOPARTIKEL TiO2 DAN Ag YANG TERIMMOBILISASI PADA NANOFIBER SELULOSA BAKTERIAL (SB)

Gustiani, Srie ( Balai Besar Tekstil, Kementerian Perindustrian, Bandung)
Notodarmodjo, Suprihanto ( Program Studi Teknik Lingkungan, Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan, Institut Teknologi Bandung)
Syafila, Mindryani ( Program Studi Teknik Lingkungan, Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan, Institut Teknologi Bandung)
Radiman, Cintya L. ( Program Studi Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Institut Teknologi Bandung)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2014

Abstract

Pada penelitian ini, dilakukan studi terhadap penyisihan zat warna reaktif  Remazol Black 5 (RB 5) pada aplikasi proses fotokatalitik menggunakan katalis Ag dan TiO2 terimmobilisasi pada permukaan nanofiber selulosa bakterial (SB). Metode penelitian meliputi percobaan untuk memperoleh nilai optimum dari pH, jumlah Ag dan TiO2 serta untuk mengevaluasi efisiensi penyisihan warna yang optimum.  Pada proses pengolahan RB5, digunakan reaktor fotokatalitik selulosa bakterial (SB)/Ag/TiO2 didesain dalam skala laboratorium pada sistem batch, konsentrasi warna limbah buatan 10, 30 dan 50 mg/L, intensitas lampu UV 4,5 W/cm2 selama 120 menit. Dari hasil pengolahan RB 5,  diperoleh pH optimum 11, konsentrasi warna 10 mg/l dan jumlah katalis Ag dan TiO2 optimum 3,85 mg/cm2. Efisiensi penyisihan warna optimum diperoleh sebesar  98,4%.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

jiat

Publisher

Subject

Industrial & Manufacturing Engineering

Description

Jurnal ini memuat artikel dalam bidang tekstil yang meliputi teknik, kimia, material, desain serta konservasi energi dan lingkungan. Jurnal ini mempublikasikan artikel hasil penelitian orisinal yang menyampaikan informasi baru pada bidang tekstil, hasil penelitian teknis yang menggambarkan suatu ...