Jurnal Administrasi Bisnis
Vol 4, No 1 (2024): June

ANALISIS PENERAPAN STANDAR AKUNTANSI PADA YAYASAN INDONESIA QURAN FOUNDATION

Muhammad Saddam (STIE Hidayatullah Depok)
Nurjaya Nurjaya (STIE Hidayatullah)
Rahma Dani Andini (STIE Hidayatullah)
Saptaning Ruju Paminto (STIE Hidayatullah)
Hasbunaim Syaddad (STIE Hidayatullah)



Article Info

Publish Date
22 Jun 2024

Abstract

Laporan keuangan adalah alat untuk menganalisis kinerja keuangan suatu organisasi maupun perusahaan, yang mana dapat memberikan informasi tentang posisi keuangan, kinerja dan arus kas, sehingga dapat dijadikan landasan dalam mengambil keputusan oleh pihak manajemen.Penelitian ini bertujuan untuk memahami rancangan penerapan standar akuntansi yang baku. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan pengambilan data yang dilakukan dengan cara wawancara serta observasi langsung kelapangan, dimana tujuannya untuk melukiskan secara sistematis tentang penyusunan laporan keuangan lembaga nirlaba serta mengetahui kinerja keuangannya. Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi kendala-kendala yang dilalui oleh Yayasan Indonesia quran foundation dalam menyusun laporan keuangan sesuai dengan SAK No. 101. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa yayasan indonesia quran foundation mengalami kendala di pencatatan yang kurang lengkap dan kurang terstruktur,  serta tidak adanya SDM yang fokus di bidang tersebut. Diisi lain terdapat komponen-komponen yang tidak sesuai dengan standar yang berlaku bahkan masih ada pula yang tidak tersajikan. Sehingga peneliti mencoba membuat format laporan keuangan berdasarkan PSAK No. 101 yang dapat digunakan untuk mengetahui bagaimana kinerja pengelola dalam suatu periode.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jubis

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

jurnal hasil penelitian yang berkaitang dnegan ilmu pengelolaan sumber daya manusia, logistik, operasional, pemasaran, hingga manajemen perusahaan. Adapun ruang lingkup jurnal sebagai berikut : Administration, Business Ethics, Consumer behavior, Digital Marketing, Entrepreneurship, Management, ...