BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol. 4 No. 3 (2023)

Pembagian Buku Saku Bahaya Merokok di dalam Rumah dengan Metode Sosialisasi Door to Door ke Rumah Masyarakat Kelurahan Mangallekana

Ariani A Ariani A (Departemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Hasanuddin, Makassar, Indonesia)
Azatil Ismah (2Departemen Manajemen Rumah Sakit, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Hasanuddin, Makassar, Indonesia)
Wisnah Wisnah (Departemen Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Hasanuddin, Makassar, Indonesia)
Husnun Maisarah (Departemen Biostatistik/KKB, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Hasanuddin, Makassar, Indonesia)
Nadiyah Fadhilah AR Arsjad (Departemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Hasanuddin, Makassar, Indonesia)
Siti Noriah Binti Syarifuddin (Departemen Epidemiologi, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Hasanuddin, Makassar, Indonesia)
Dian Saputra Marzuki (Universitas Hasanuddin)



Article Info

Publish Date
03 Jul 2023

Abstract

Kebiasaan orang tua merokok di dalam rumah menjadi masalah yang cukup mengkhawatirkan. Kebiasaanmerokok orang tua di rumah membuat anak kecil menjadi perokok pasif, dan mereka selalu terpapar asaprokok. WHO menyatakan bahwa efek buruk asap rokok lebih besar bagi perokok pasif dibandingkan perokokaktif. Menurut Global Adults Tobacco Survey (GATS) jumlah perokok pasif tahun 2011 yaitu sebesar 78,4%.Keterpaparan asap rokok di Indonesia pada tahun 2015 sebanyak 113 juta atau sebesar 78% orang terpaparasap rokok dirumah. Berdasarkan data didapatkan hasil bahawa permasalahan kesehatan di Kelurahantersebut adalah masih banyaknya masyarakat dengan perilaku merokok di dalam rumah. Salah satu faktorpenyebabnya adalah masih kurangnya edukasi kesehatan terkait bahaya merokok di dalam rumah. Intervensiyang kami lakukan adalah pembagian buku saku terkait bahaya merokok di dalam rumah. Sasarannya adalahmasyarakat Kelurahan Mangalakkena yang merupakan perokok aktif. Metode yang digunakan adalahsosialisasi secara door to door ke rumah masyarakat. Pelaksanaan kegiatan dilakukan pada 14 Januari 2023.Evaluasi kegiatan dilakukan dengan menggunakan pre test dan post test. Hasil dari kegiatan ini menunjukkanadanya peningkatan pengetahuan yang signifikan tentang bahaya merokok di dalam rumah yakni 27responden (77.1%) yang diharapkan dapat membantu meningkatkan pengetahuan terkait bahaya merokokdi dalam rumah.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

bernas

Publisher

Subject

Religion Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Dentistry Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Neuroscience Nursing Public Health Social Sciences Veterinary Other

Description

The aim of this journal publication is to disseminate the conceptual thoughts or ideas and research results that have been achieved in the area of community services. Bernas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, particularly focuses on the main problems in the development of the sciences of ...