Masile:Jurnal Studi Ilmu Keislaman
Vol 3 No 2 (2022): MASILE

MOTIVASI BELAJAR SISWA SLOW LEARNER (STUDI KASUS DI SD ISLAM TERAPADU INSAN MULIA)

Erna Hernawati (STAI Sabili Bandung)
Rohimah Nurul Bayyinah (Unknown)
Lies Dharjati (Unknown)
Uspitawati . (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 May 2024

Abstract

AbstrakSlow learner atau lamban belajar pada penelitian ini merupakan kondisi di mana anakmengalami kelambanan dalam kemampuan kognitifnya dan berada di bawah rata-rataanak normal sehingga ia membutuhkan waktu yang lebih lama untuk memahami ataumenguasai materi pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih jauhmengenai motivasi belajar Abdan sebagai siswa slow learner di kelas IV SDIT InsanMulia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan angket.Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar Abdan kurang, dan kemampuandalam mengikuti pembelajaran rendah, terutama dalam aspek membaca. Lingkungankeluarga mempengaruhi motivasi belajar slow learner karena orang tua kurangmemperhatikan sehingga tidak terciptanya situasi kondusif, jarang membimbing anakbelajar

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

masile

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

OCUS MASILE: Journal of Islamic studies emphasizing Contemporary Islamic studies in Indonesia, Southeast Asia, and a Global Perspective with a multidisciplinary approach SCOPE This journal specializes in studying the theory and practice of various topics of Islamic studies, specifically Islamic ...