Geneologi PAI : Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan Agama Islam
Vol 11 No 1 (2024): Juni 2024

PERAN MUSYRIF DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN BELAJAR MAHASISWA KADER DI ASRAMA UNGGULAN KH. ABU DARDIRI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO

Shibyan Heryawan (Unknown)
Darodjat (Universitas Muhammadiyah Purwokerto)
Sriyanto (Universitas Muhammadiyah Purwokerto)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2024

Abstract

Pendidikan tinggi memainkan peran penting dalam membentuk karakter dan kedisiplinan mahasiswa. Universitas Muhammadiyah Purwokerto, termasuk salah satu perguruan tinggi yang menyadari pentingnya hal ini, memberikan perhatian khusus pada pembinaan kedisipilanan mahasiswa melalui Asrama Kader. Asrama Unggulan Mahasiswa Kader KH. Abu Dardiri tidak hanya berfungsi sebagai tempat tinggal, tetapi juga sebagai lingkungan pendidikan yang mendukung pengembangan keilmuan dan kedisiplinan belajar mahasiswa kader dengan musyrif dan musyrifah yang bertanggung jawab atas kegiatan di asrama. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi peran musyrif dan musyrifah serta dampaknya terhadap kedisiplinan belajar mahasiswa kader di Asrama Unggulan Mahasiswa Kader KH. Abu Dardiri Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Dengan pendekatan kualitatif fenomenologi, hasil penilitian menunjukan bahwa peran musyrif dalam membimbing, mendampingi, mengontrol, dan mengawasi mahasiswa kader sangat berpengaruh terhadap kedisiplinan belajar mereka. Kedisiplinan ini menjadi fondasi penting dalam meraih keberhasilan akademis dan non-akademis. Meskipun Asrama Unggulan Mahasiswa Kader KH. Abu Dardiri Universitas Muhammadiyah Purwokerto telah memberikan perhatian khusus pada pembinaan mahasiswa kader, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memahami sejauh mana peran musyrif dalam meningkatkan kedisiplinan belajar mereka secara mendalam

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

geneologi

Publisher

Subject

Other

Description

Geneologi PAI, diterbitkan enam bulan sekali oleh Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN “SMH” Banten. ...