Amal Ilmiah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol. 5 No. 2 (2024): Edisi Mei 2024

Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Pengetahuan Dan Keyakinan Guru Kimia

Fahyuddin (Universitas Halu Oleo)
Jahidin (Universitas Halu Oleo)
Abraham Rahman (Universitas Halu Oleo)
La Ode Safiuddin (Universitas Halu Oleo)



Article Info

Publish Date
30 May 2024

Abstract

Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatan pengetahuan dan keyakinan guru Kimia terkait penerapan pembelajaran berdiferensiasi. Mitra pengabdian terdiri atas 15 guru kimia SMA di Kabupaten Konawe yang tergabung dalam musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) kimia. Modul pelatihan menggunakan pendekatan situated learning (sesuai kondisi Guru). Tahapan pelatihan meliputi:  identifikasi pengetahuan dan keyakinan awal mitra, pengembangan materi pembekalan berdasarkan data awal, dan pelaksanaan.  Analisis data awal menunjukkan bahwa pengetahuan dan keyakinan mitra sangat beragam dan ada yang miskonsepsi. Sebagian besar mitra tidak meyakini bahwa pembelajaran berdiferensiasi dapat meningkatkan prestasi belajar kimia siswa. Berdasarkan pengetahuan awal mitra, dikembangkan salah satu contoh diferensiasi konten menggunakan strategi kesukaran terdegradasi. Hasil pelaksanaan pelatihan menunjukkan bahwa pengetahuan mitra terkait konsep pembelajaran beriferensiasi meningkat, dan sebagian besar mitra mempunyai keyakinan bahwa penggunaan strategi kesukaran terdegradasi pada pembelajaran kimia dapat meningkatkan minat belajar dan prestasi belajar kimia. Mitra guru kimia mengalami peningkatan secara kualitatif dan kuantitatif terkait dengan keyakinan dan pengetahuan desain pembelajaran berdiferensiasi. Mereka memberikan komentar positif terkait implementasi pembelajaran berdiferensiasi, seperti siswa berbakat akan semakin berkembang karena tidak perlu lagi menunggu temannya yang belum paham. Hasil analisis data kuantitatif menunjukkan terjadi peningkatan pengetahuan sebesar 40% dan keyakinan sebesar 80%.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

journal

Publisher

Subject

Education

Description

Amal Ilmiah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat memiliki Online ISSN: 2714-5778 dan Print ISSN : 2746-4733 dengan DOI: 10.36709/amalilmiah Artikel yang dapat dipertimbangkan untuk dimuat dalam jurnal ini adalah hasil pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang sesuai dengan focus dan ...