Jurnal Penelitian Pendidikan
Vol 7, No 2 (2015): Jurnal Penelitian Pendidikan

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR

., Marsini ( STKIP DR. Nugroho Magetan)
Lusiana, Ita Afri ( STKIP DR. Nugroho Magetan)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2015

Abstract

Pembelajaran yang berpusat pada siswa hendaknya selalu diterapkan pada setiap proses belajar mengajar. Pada setiap prosesnya, diperlukan kreativitas, keaktifan maupun inovasi oleh seorang guru agar hasil akhir dari suatu proses pembelajaran menuai hasil yang maksimal. Indikator keberhasilan suatu proses pembelajaran, salah satunya adalah hasil belajar siswa yang meningkat. Salah satu penerapan pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar adalah penerapan Problem Based Learning dengan materi permasalahan sosial di sekitar lingkungan siswa. Problem Based Learning merupakan suatu pendekatan pembelajaran yang autentik dimana siswa diberikan masalah-masalah sosial yang ada dilingkunagan sehingga siswa membuat hubungan-hubungan yang dimilikinya dengan kehidupan sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN Nglames 01 Kabupaten Madiun Jenis penelitian ini termasuk penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Analisis statistik signifikansi perbedaan pretest-posttest dengan Uji-t berpasangan untuk mengetahui signifikansi pengaruh peningkatan hasil belajar antara pretest dengan posttest. Dari analisis statistik Uji-t diperoleh hasil bahwa taraf signifikasi dengan sig (2 tailed) sebesar 0,000 < 0,05, artinya ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa. Jadi pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning sangat berpengaruh terhadap hasil belajar pada materi masalah sosial siswa kelas IV SDN Nglames 01 Kabupaten Madiun.Kata kunci: problem based learning, masalah sosial, hasil belajar.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

jpp

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan adalah jurnal peer-review yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan PGRI Pacitan. Dipublikasikan dua kali setahun pada bulan Juni dan Desember. Jurnal ini menerbitkan makalah penelitian dan kajian ...