Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan
Vol 23 No 2 (2023): Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan

Perbedaan Hasil Belajar Penggunaan E-learning Berbasis Video Pada Mata Kuliah Desain Pembelajaran PAI

Azrul Azrul (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Nov 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengungkap perbedaan hasil belajar dari implementasi model e-learning berbasis video pada mata kuliah desain pembelajaran PAI. Penelitian ini dilakukan untuk menemukan formula penerapan model e-learning berbasis video mengunakan LMS sebagai salah satu wadah untuk memperkuat struktur kognitif mahasiswa agar mahasiswa sampai pada tahap konstruksi pengetahuan. Pada penelitian ini diterapkan pembelajaran PAI yang mengintegrasikan teknologi digital dibutuhkan untuk mempersiapkan mahasiwa yang memiliki literasi digital. Desain penelitian yang dilakukan adalah eksperimen. Polulasi penelitian terdari mahasiswa mata kuliah desian pembelajaran PAI Prodi PAI Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Kelas ekperimen diterapkan model online learning berbasis video di LMS sedangkan kelas kontrol menggunakan online learning berbasis gambar di LMS. Instrumen yang digunakan adalah soal tes. Soal telah memenuhi syarat sebuah instrument untuk mengukur hasil belajar. Kemudian data dianalisis dengan Teknik t-test untuk mengungkap signifikansi perbedaan hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil bahwa hasil belajar dengan nilai t 3,351 > dari 0,05 ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Hal ini dapat disimpulkan bahwa model online learning berbasis video dapat digunakan untuk karakteristik mata kuliah desain pembelajaran PAI dan karakteristik mahasiswa

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

pedagogi

Publisher

Subject

Education

Description

The field of education that is the main focus of this journal is the Administration of Education, Guidance and Counseling, Educational Technology, Elementary School Teacher Education, Early Childhood Education Teacher Education, Extraordinary Education, Outside School Education. The main focus ...