Jurnal Kesehatan Masyarakat Andalas (Andalas Journal of Public Health)
Vol 10, No 1 (2015): Jurnal Kesehatan Masyarakat Andalas

ANALISIS KEPADATAN NYAMUK DAN PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PENGGUNAAN TEKNIK SERANGGA MANDUL

Dwi Sutiningsih (Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Soedarto, SH Tembalang, Semarang, 50239)
Ali Rahayu (PAIR BATAN Jalan Lebak Bulus Raya Nomor 49, Pasar Jum’at, Jakarta Selatan)
Devi Puspita sari (Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Soedarto, SH Tembalang, Semarang, 50239)
Ludfi Santoso (Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Soedarto, SH Tembalang, Semarang, 50239)
Sri Yuliwati (Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Soedarto, SH Tembalang, Semarang, 50239)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2017

Abstract

Kota Semarang merupakan kota dengan kasus DBD tertinggi di Jawa Tengah dengan Kecamatan Ngaliyan sebagai daerah endemis tertinggi. Upaya pengendalian DBD sampai saat ini belum memberikan hasil memadai, sehingga diperlukan cara lain untuk membantu program pemberantasan vektor DBD, antara lain dengan Teknik Jantan Mandul atau yang lebih dikenal Teknik Serangga Mandul (TSM). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kepadatan populasi nyamuk dan pendapat/persepsi masyarakat di Kelurahan Ngaliyan terhadap penggunaan TSM dalam pengendalian vektor Demam Berdarah Dengue (DBD). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitik dengan desain study cross sectional. Pengambilan data dilakukan dengan observasi nyamuk Aedes aegypti dan wawancara mengenai pendapat masyarakat. Analisis data menggunakan analisis bivariat dengan wilcoxon sign test. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan TSM di kelurahan Ngaliyan dapat menurunkan tingkat kepadatan populasi nyamuk Aedes aegypti serta ada perbedaan pengetahuan dan sikap masyarakat sebelum dan setelah penggunaan TSM (p= 0.000 < 0.05) Kata Kunci: teknik serangga mandul, kepadatan populasi nyamuk,persepsi masyarakat, Aedes aegypti

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

JKMA

Publisher

Subject

Public Health

Description

JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT ANDALAS (JKMA) menerbitkan artikel penelitian (research article), artikel telaah/studi literatur (review article/literature review), laporan kasus (case report) dan artikel konsep atau kebijakan (concept/policy article), di semua bidang ilmu kesehatan masyarakat yang ...