IKONIK : Jurnal Seni dan Desain
Vol. 6 No. 02 (2024): JULI 2024

Perancangan Branding di Taman Prestasi Surabaya sebagai Media Promosi

Faiz Miftahul Huda (Universitas Maarif Hasyim Latif)
Renny Nirwana Sari (Universitas Maarif Hasyim Latif)
Rafael Afila Sulthan Iqbal (Universitas Maarif Hasyim Latif)



Article Info

Publish Date
13 Aug 2024

Abstract

  Berkembangnya zaman pada era teknologi membawa dampak pada perilaku masyarakat. Dampak teknologi yang sangat terlihat, salah satunya yaitu masyarakat yang tidak terlalu peduli dengan keadaan sekitar. Oleh sebab itu, pariwisata yang dulunya dikenal sebagai tempat berkumpul, kini mulai terabaikan dan bahkan beberapa sudah ditutup karena tergerus zaman. Salah satu wisata yang terkena dampak dari perubahan zaman adalah Taman Prestasi Surabaya. Taman ini sempat menjadi tempat favorit sekaligus kebanggan Kota Surabaya. Berdasarkan aspe sejarah dan lokasi, Taman Prestasi Surabaya memiliki potensi yang cukup signifikan. Jadi, diperlukan strategi yang tepat guna mengembalikan situasi dan kondisi taman ini seperti dulu, salah satunya melalui branding. Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan pada kaitannya dengan branding, yakni nama yang unik, merk dagang, logo, slogan, maupun hal lain yang menunjukkan ciri khas sebagai suatu identitas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi perancangan branding yang tepat pada Taman Prestasi Surabaya, agar kembali mendapatkan atensi dari masyarakat. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teori yang digunakan adalah metode perancangan desain milik Hawkins dengan tiga tahapan yakni eksplorasi, eksperimen, dan evaluasi. Hasil dari penelitian ini adalah perancangan branding diperlukan sebagai strategi branding Taman Prestasi Surabaya dengan media pendukung promosi. Tujuannya jelas sebagai salah satu sarana Taman ini untuk lebih dikenal dengan ciri khas tertentu sebagai identitasnya.    

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ikonik

Publisher

Subject

Arts

Description

Jurnal IKONIK memuat semua tulisan yang berobyek materi di bidang Seni Pertunjukan, Seni Rupa dan Desain, yang meliputi topik berikut: Musik, Tari, Teater, Sejarah Desain, Sejarah Seni, Budaya Visual, Metodologi Desain, Proses Desain, Wacana Desain, Desain dan Budaya, Sosiologi Desain, Manajemen ...