Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengetahuan dan kemampuan guru dalam mengevaluasi hasil belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) di Madrasah Tsanawiyah (MTs) se Kota Palangka Raya.Subjek penelitian adalah guru-guru PAI di MTs se Kota Palangkaraya yang berjumlah 46 orang yang tersebar di 11 MTs. Alat pengumpul data yang digunakan adalah tes, angket, dan dokumen. Validitas dan reliabilitas instrumen tes dianalisis dengan bantuan Iteman MicroCat, sedangkan angket dianalisis melalui komputer program SPSS. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Analisis kuantitatif dilakukan dengan bantuan komputer program SPSS for Windows  versi 12.0.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pengetahuan guru PAI tentang tes, pengukuran, dan evaluasi termasuk kategori sedang; (2) pengetahuan guru PAI tentang perencanaan tes termasuk kategori tinggi; (3) pengetahuan guru PAI tentang penulisan soal termasuk kategori sedang; (4) pengetahuan guru PAI tentang analisis butir soal termasuk kategori sedang; (5) pengetahuan guru PAI tentang penyekoran termasuk kategori sedang; dan (6) pengetahuan guru tentang pelaporan dan pemanfaatan hasil tes termasuk kategori sedang. Kemampuan guru dalam melaksanakan evaluasi hasil belajar menunjukkan bahwa: (1) kemampuan guru PAI dalam membuat kisi-kisi soal belum terungkap; (2) penulisan soal yang dilakukan guru PAI termasuk kategori tinggi; (3) pelaksanaan tes yang dilakukan guru PAI termasuk kategori tinggi; (4) tingkat kesukaran soal yang dibuat guru PAI termasuk kategori sedang; (5) kemampuan guru PAI dalam melakukan analisis butir soal belum terungkap; (6) pemeriksaan dan penyekoran hasil tes yang dilakukan guru PAI termasuk kategori tinggi; dan (7) pemanfaatan hasil evaluasi oleh guru PAI termasuk kategori sedang.
Copyrights © 2007