Internet banking lahir sebagai wujud pemanfaatan teknologi informasi oleh perbankan dalam memberikan layanan perbankan kepada nasabah terus meningkat. Namun pada kenyataannya, jumlah pengguna internet banking tidak berbanding lurus dengan banyaknya nasabah bank yang ada di Indonesia. Dalam penelitian ini untuk mengatahui karakteristik niat hingga perilaku nasabah yang belum mengadopsi layanan internet banking di Indonesia mengadopsi model dari penelitian Giri, & Saad, 2015 yang selanjutnya dimodifikasi dengan menambahkan variabel niat berperilaku (behavioral intention) sebagai faktor penentu dari aktual penggunaan suatu suatu sistem untuk non user. Pengumpulan data menggunakan metode kuota sampel. Responden dalam penelitian ini yaitu 716 responden yang tersebar di tiga wilayah di Indonesia (Sumatera, Jawa, dan Indonesia Timur). R-Square dalam penelitian ini yaitu 88,9%. Teknik analisis data dalam penelitian menggunakan covariance based SEM dengan software AMOS versi 22. Hasil dari penelitian ini menunjukkan hubungan yang signifikan antar variabel-variabel internet skill, prior experience, website quality, trust, effort ecpectancy, performance ecpectancy, behavioral intention dan usage behavioral.
Copyrights © 2016