Journal Pendidikan Bahasa Dan Seni FKIP UHO
Vol 3, No 15 (2015): JURNAL HUMANIKA DESEMBER 2015

TINDAK TUTUR DALAM PROSES BELAJAR-MENGAJAR PADA TAMAN KANAK-KANAK DHARMA WANITA KELURAHAN WAPUNTO KECAMATAN DURUKA KABUPATEN MUNA (KAJIAN PRAGMATIK)

PBSI, RACHMAN (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 May 2017

Abstract

Penelitian ini berjudul “Tindak Tutur dalam Proses Belajar-Mengajar pada Taman Kanak-Kanak Kelurahan Wapunto Kecamatan Duruka Kabupaten Muna (Kajian Pragmatik)”. Latar belakang peneliti mengangkat judul tersebut karena Kemampuan peserta didik dalam merespon tindak tutur guru di Taman Kanak-Kanak Dharma Wanita Kelurahan Wapunto masih cukup rendah. Guru taman kanak-kanak harus mampu memilih bentuk tutur yang sesuai agar peserta didik melakukan tindakan yang disebutkan dalam tuturan itu. Masalah dalam penelitian ini adalah “bagaimanakah bentuk tindak tutur yang terdapat pada tuturan guru dalam proses belajar-mengajar di Taman Kanak-Kanak Dharma Wanita Kelurahan Wapunto Kecamatan Duruka Kabupaten Muna?” Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bentuk-bentuk tindak tutur guru taman kanak-kanak dalam proses belajar-mengajar di Taman Kanak-Kanak Dharma Wanita Kelurahan Wapunto Kecamatan Duruka Kabupaten Muna.Penelitian ini tergolong penelitian lapangan dan metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Penelitiaan ini menggunakan pendekatan pragmatik. Data dalam penelitian ini berupa tuturan guru dan peserta didik Taman Kanak-Kanak. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru dan peserta didik Taman Kanak-Kanak. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode simak dengan menggunakan teknik rekam, simak libas bebas cakap, dan catat. Penelitian ini menggunakan metode analisis padan pragmatis dalam menganalisis data. Teknik analisis data dilakukan dengan tahapan transkripsi data, identifikasi data, klasifikasi data, interpretasi data, dan deskripsi data.Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah tuturan dalam proses belajar-mengajar pada Taman Kanak-Kanak Dharma Wanita Kelurahan Wapunto Kecamatan Duruka Kabupaten Muna terdapat empat jenis tindakan yaitu tindak asertif, direktif, ekspresif dan komisif. Dalam penelitian ini tidak terdapat tindak deklaratif.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

HUMANIKA

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Humanika merupakan media elektronik jurnal ilmiah yang dibuat untuk memuat karya ilmiah mahasiwa dan dosen Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni. ...