JIPMukjt:Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Djati
Vol 5 No 1 (2024): Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Jati

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIF LEARNING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI

Eka Yusnaldi (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Anggun Dela Puspita (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Annisa Balqis (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Laila Nadya (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Naila Audiva Hutasuhut (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Shadrina Azzahra Lubis (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Pembelajaran kooperatif merupakan metode belajar yang dilaksanakan dengan bekerja sama antar siswa, sehingga nantinya siswa tidak semata mencapai kesuksesan secara individual atau saling mengalahkan antar siswa. Namun mereka jugabisa membantu teman belajarnya yang berkemampuandi bawah standar minimum. Dengan demikian tumbuhlah jiwa sosial dalam diri siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji model pembelajaran koperatiflearning dalam meningkatkan motivasi belajar siswa secara konseptual dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode kepustakaan dimana segala sumber baik primer maupun sekunder semuanya berasal dari literatur-literatur baik yang bersumber dari buku maupun jurnal. Hasil penelitian menemukan bahwa model pembelajaran cooperativelearning cocok untuk diterapkan dalam pembelajaran PAI, karena siswa ditekankan untuk mengkaitkan antar materi sehingga siswa dapat lebih cepat memahami materi dengan baik. Ketika proses pembelajaran dilaksanakan, siswa akan lebih aktif dan antusias dalam mengikutinya. Model pembelajaran ini tidak hanya meningkatkan kemampuan siswa dalam aspek memahami materi, namun juga dapat meningkatkan kemampuan komunikasi dan keterampilan dalam memecahkan masalah, analisis kritis dan keterampilan lain yang dibutuhkan siswa. Model ini didesain agar siswa tidak mudah jenuh dalam belajar, tertekan atau stress karena akan membuat proses pembelajaran menjadi bervariasi. Namun dalam penerapan model pembelajaran ini waktu yang dibutuhkan cukup lama yang menyebabkan tidak tercapainya target kurikulum, membutuhkan keterampilan khusus yang dimiliki guru dalam memahami strategi belajar kooperatif, serta membutuhkan sifat Kerja sama yang tumbuh dalam diri siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JIPMUKJT

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

JIPMukjt:Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Djati terbit dua kali setahun bulan Juni dan Desember dengan proses peer review dan open akses. Pembelajar memiliki e-ISSN: 2774-616x dan p-ISSN: 2721-1339 Menerima tulisan hasil pemikiran dan hasil penelitian. JIPMukjt:Jurnal Ilmu Pendidikan ...