Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 13, No 2 (2024)

INTERNALISASI PENDIDIKAN MORAL DAN KARAKTER DALAM CERITA RAKYAT JOMPONG SUAR UNTUK MEMINIMALISASI KASUS BULLYING PADA SISWA SEKOLAH

Nofia Angela (Unknown)
Ferry Kurniawan (Unknown)
Nia Puspita Hapsari (Unknown)
Dewi Sari Sumitro (Unknown)
Oktavia Lendo (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jul 2024

Abstract

Sastra dapat menjadi alat yang kuat untuk membantu siswa memahami nilai dan norma. Dengan memberi siswa cerita dari berbagai sudut pandang, mereka akan mengajarkan kasih sayang dan empati. penelitian ini menggunakan metodologi kajian literatur. Fokus penelitian adalah hubungan antara karya sastra dengan konsep bullying. Sastra yang dipilih dipilih karena dianggap memiliki nilai dan norma yang relevan dengan relevansi dan pencegahan bullying adalah Jompang Suar. Data yang digunakan terdiri dari sastra Jompong Suar serta analisis literatur dari jurnal nasional dan internasional. Siswa dapat belajar tentang norma dan nilai hidup dari cerita seperti Jompang Suar. Mereka juga dapat mempelajari perundungan dan efeknya, serta cara melawannya.  Jompang Suar merupakan salah satu kisah yang dapat membantu mencegah perundungan. Kata Kunci : Internalisasi Sastra, Pendidikan Moral dan Karakter, Cerita Rakyat

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

lgrm

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal ini bertujuan untuk menerbitkan karya ilmiah dosen, mahasiswa, praktisi nasional maupun internasional yang berkontribusi dalam pembaharuan ide, konsep dan teori berkaitan dengan pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. Hasil penelitian dapat berupa: 1. Hasil penelitian pendidikan bahasa dan ...