SASTRANESIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 12, No 1 (2024): MARET 2024

PENGGUNAAN BAHASA PERSUASIF IKLAN BODY LOTION SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR PADA SISWA SMP

Zahrotun Nisa' (Universitas Muhammadiyah Lampung)
Edo Frandika (Universitas Muhammadiyah Lampung)
Dalman Dalman (Universitas Muhammadiyah Lampung)



Article Info

Publish Date
04 Mar 2024

Abstract

Metode deskriptif kualitatif dipilih oleh peneliti dalam melakukan penelitian terhadap penggunaan bahasa persuasif iklan body lotion ini.  Dalam proses pengumpulan data, penelitian menggunakan teknik yang melibatkan pengamatan, penyimakan, dan pencatatan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah iklan body lotion yang ditonton pada aplikasi YouTube, serta di dalamnya terdapat teknik persuasif. Dalam penelitian ini, peneliti menemukan lima dari tujuh teknik persuasif . Kelima teknik tersebut yaitu rasionalisasi, identifikasi, sugesti, konformitas, dan penggantian. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan penggunaan bahasa persuasif pada iklan body lotion sebagai alternatif bahan ajar pada siswa SMP. Hasil penelitian ini dapat dimanfaatkan sebagai pilihan atau alternatif  bahan ajar yang dapat dipakai oleh guru ketika menyampaikan materi terkait iklan pada siswa SMP kelas VIII.  Materi iklan terdapat pada KD 3.4 “Menelaah pola penyajian dan kebahasaan teks iklan, slogan, dan poster dari berbagai sumber yang dibaca atau didengar”.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

sastra

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Sastranesia adalah jurnal ilmiah bahasa dan sastra Indonesia yang diterbitkan oleh jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP PGRI Jombang. Jurnal sastranesia focus pada kajian bahasa, sastra, dan pengajaran bahasa Indonesia. Jurnal ilmiah ini merupakan kumpulan kajian ilmiah dari civitas ...