Ana Bulava Jurnal Pendidikan Anak
Vol. 4 No. 2 (2023)

UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT MENGHAFAL HURUF HIJAIYAH MELALUI METODE BERNYANYI DI TK NUR HASANAH DESA LENDE KEC.SIRENJA

Aprilanti (UIN Datokarama Palu)
Rustina (UIN Datokarama Palu)
Ardiansyah (UIN Datokarama Palu)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh upaya guru dalam meningkatkan minat menghafal huruf hijaiyah melalui metode bernyanyi. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data didapatkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Sedangkan keabsahan data akan diperkuat dengan malakukan teknik pemeriksaan. Hasil penelitian ini menunjukan Pertama, Upaya guru dalam meningkatkan minat menghafal huruf hijaiyah melalui metode bernyanyi di TK Nur Hasanah Desa Lende Kec. Sirenja yaitu mengajak anak-anak bernyanyi sambil belajar dengan dibantu media papan tulis, balok yang bertuliskan huruf hijaiyah, dan puzzle huruf hijaiyah agar anak-anak dapat meningkat minat belajarnya. Metode bernyanyi untuk melatih anak menyebutkan huruf hijaiyah untuk memperlancar bacaan, huruf-huruf hijaiyah bergambar agar mempermudah anak mengenal dan menghafal huruf serta mudah membacanya.Kedua, Faktor pendukung dan penghambat guru dalam meningkatkan minat menghafal huruf hijaiyah melalui metode bernyanyi di TK Nur Hasanah Desa Lende Kec. Sirenja yaitu guru menguasai lirik lagu serta dapat menyanyikan lagu dengan baik, guru juga menguasai kelas pada saat belajar dan dilengkapi media papan tulis, balok yang bertuliskan huruf hijaiyah, puzzle huruf hijaiyah. Sedangkan faktor penghambat yaitu biasanya ketidaksiapan guru dalam bernyanyi karena suara sangat terbatas membuat anak-anak tidak tertib atau susah diatur dan anak-anak merasa malu untuk bernyanyi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

abulava

Publisher

Subject

Religion Education Other

Description

Ana Bulava Jurnal Pendidikan Anak dipublikasikan oleh Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Instutut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu. Terbit dua kali dalam setahun, jurnal ini mengundang para dosen, peneliti, dan pemerhati pendidikan anak untuk ...