Jurnal Pendidikan
Vol. 32 No. 2 (2023): July

Upaya Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila dengan Melatih karakter Kemandirian

Ani Anjarwati (Unknown)
Putri Fatimattus Az Zahra (Universitas Panca Marga)
Mustika Kirana Putri (Unknown)
Tria Fatma Putri (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2023

Abstract

Kurikulum bukan hanya digunakan sebagai alat dalam menambah pengetahuan, tetapi juga untuk mewujudkan proses pembelajaran yang sebaik-baiknya guna mencapai tujuan pendidikan nasional. Kurikulum yang saat ini diterapkan di Indonesia yaitu Kurikulum Merdeka. Kurikulum Merdeka memberikan konsep mandiri belajar. Kurikulum Merdeka terdapat penguatan Profil Pelajar Pancasila (P3) hal tersebut telah termuat dalam 6 dimensi yakni berkebhinekaan global, bergotong royong, kreatif, bernalar kritis, mandiri, dan beriman dengan berlandaskan Pancasila. Subjek penelitian peserta didik kelas 1 SDI Al Barokah beserta wali murid dan wali kelasnya. Berdasarkan hasil penelitian yang menjadi problematika adalah minimnya kemandirian peserta didik dalam hal apapun utamanya kemandirian dalam menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Hal ini dikarenakan lingkungan yang kurang mendukung dalam segi pendidikan karakter kemandirian. Akan tetapi lembaga pendidikan terkait telah menyusun usaha dalam pelaksanaan pendidikan karakter melalui Modul Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) mengenai pengelolaan sampah sebagai upaya PHBS dengan kolaborasi antar pendidik, wali murid dan masyarakat sekitar. Modul P5 ini dilaksanakan pada tahun ajaran baru 2023-2024. Pelaksanaan penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan cara menjelaskan dinamika yang perlu dianalisis saat penelitian. Kata-kata Kunci: Karakter, Kemandirian, Modul P5, Pendidikan Karakter, Profil Pelajar Pancasila.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jp

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan merupakan jurnal ilmiah yang memuat dan menyebarluaskan hasil penelitian, kajian mendalam, dan gagasan atau karya inovatif di bidang pendidikan. Karya inovatif para guru dan dosen pembangunan sektor pendidikan yang mampu memberikan kontribusi positif bagi sekolah dan institusi ...