EL-HIKMAH
Vol 6, No 1 (2012): Juni

STRATEGI PENDIDIKAN NONFORMAL DALAM MEMBENTUK AKHLAK REMAJA: Studi Pada Majelis Taklim Darul Kholidin Kebun Indah Sesela Gunung Sari Tahun 2012

Makruf, Rusni Bil ( Jurusan PAI FITK IAIN Mataram)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2012

Abstract

Pada era sekarang ini sering dijumpai bentuk-bentuk kerusakan moral (akhlak) manusia, baik yang dilakukan oleh orang dewasa ataupun remaja. Hal ini semakin terlihat jelas terutama dikalangan anak muda yang masih dalam usia sekolah contoh kecil saja seperti tawuran antar pelajar, narkoba masuk sekolah dan kampus-kampus, minuman keras (miras), membawa dan menyimpan film porno, dan masih banyak bentuk - bentuk penyimpangan yang lainnya. Tujuan sejati dari pendidikan yang selama ini didengung-dengungkan yakni agar bisa memanusiakan manusia, agak menjadi sangat ironi dan berbanding terbalik jika hanya pendidikan yang dibebankan hanya tertuju pada pendidikan yang ada di sekolah-sekolah pada umumnya. Diperlukan adanya pendidikan yang bisa membantu pendidikan formal. Majelis Taklim sebagai lembaga nonformal dalam bidang keagamaan mempunyai peluang besar untuk membentuk akhlak kaum remaja, terutama pada remaja yang sulit diatur pada lembaga formal. Majelis taklim Darul Kholidin yang merupakan lembaga pendidikan nonformal menerapkan dan menganjurkan remaja khususnya masyarakat Sesele untuk belajar pada pendidikan nonformal (majelis taklim atau pengajian rutinitas santri maupun non santri pada tokoh agama atau Tuan guru setempat). Oleh karena itulah penulis tertarik untuk mengadakan penelitian tentang pendidikan nonformal yang dilakukan oleh remaja yang ada di wilayah Kebun Indah, Sesele Gunungsari.

Copyrights © 2012