Jurnal Bisnis dan Komunikasi Digital
Vol. 1 No. 4 (2024): August

Peran Komunikasi Organisasi dalam Event Organizer (Studi pada Event Organizer Soundtrack Indonesia Kota Palembang)

Resdia Dewidianto (Universitas Islam Negeri Raden Fatah)
Manalullaili Manalullaili (Universitas Islam Negeri Raden Fatah)
Chairunnisah Putri Ayu Ningsih (Universitas Islam Negeri Raden Fatah)



Article Info

Publish Date
21 Jun 2024

Abstract

Event Organizer (EO) merupakan entitas yang memiliki peran penting dalam menyelenggarakan berbagai acara dan kegiatan yang melibatkan banyak pihak. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis serta mengevaluasi efektivitas komunikasi organisasi yang digunakan dalam Event Organizer dan mengidentifikasi tantangan yang dihadapi oleh Event Organizer kota Palembang. Komunikasi dalam Event Organizer menjadi kunci utama dalam menjalankan kegiatan ini secara efektif. Komunikasi dalam Event Organizer menjadi kunci utama dalam menjalankan kegiatan ini secara efektif. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini menggunakan teori hubungan antara manusia (Human Relation theory). Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi organisasi Event Organizer Soundtrack Indonesia dalam keberhasilan acara sangatlah tinggi, hal tersebut karena adanya keterkaitan antara satu sama lain dalam organisasi yang tinggi, adanya koordinasi antar tim dalam menyelesaikan masalah, dan adanya peran pemimpin dalam pengambilan keputusan dengan cara kompleks. Kesimpulan Event Organizer Soundtrack Indonesia sangat memiliki rasa kepedulian yang tinggi dan proses komunikasi organisasi yang dibangun Event Organizer Soundtrack Indonesia dalam mempertahankan rasa kepedulian satu sama lain adalah direktur, staff dan anggota tim yang dapat berkomunikasi serta dapat saling memberikan ide-ide, pendapat, dan masukan untuk organisasi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jbkd

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Bisnis dan Komunikasi Digital is a scientific journal published by Indonesian Journal Publisher. JBKD publishes four issues annually in the months of November, February, May and August. This journal only accepts original scientific research works (not a review) that have not been published by ...