cover
Contact Name
Andri Putra Kesmawan
Contact Email
journal@idpublishing.org
Phone
+6281990251989
Journal Mail Official
journal@idpublishing.org
Editorial Address
Perumahan Sidorejo, Jl. Sidorejo Gg. Sadewa No.D3, Sonopakis Kidul, Ngestiharjo, Kapanewon, Kasihan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55184
Location
Kab. bantul,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Bisnis dan Komunikasi Digital
ISSN : -     EISSN : 30265886     DOI : https://doi.org/10.47134/jbkd
Jurnal Bisnis dan Komunikasi Digital is a scientific journal published by Indonesian Journal Publisher. JBKD publishes four issues annually in the months of November, February, May and August. This journal only accepts original scientific research works (not a review) that have not been published by other media. The focus and scope of Jurnal Bisnis dan Komunikasi Digital include articles concerned with Digital Marketing Strategy, E-Commerce, Corporate Communication, Social Media, Big Data Analysis, Online Crisis Management, Digital Ethics, Technology Innovation, Digital Project Management, Digital Performance Measurement.
Articles 20 Documents
Peran Sutradara dalam Pembuatan Film Dokumenter Kakao and The History of Land Settlement Called Glenmore (Studi Kasus Production House Arsa Visual Banyuwangi) Oka Tusyono Wahyu Dinata; Aditya Dimas Pratama
Jurnal Bisnis dan Komunikasi Digital Vol. 1 No. 1 (2023): November
Publisher : Indonesian Journal Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47134/jbkd.v1i1.1905

Abstract

Skripsi ini mengkaji tentang peran sutradara dalam pembuata film dokumenter. Peran sutradara sangatlah besar dalam pembuatan film, dari praproduksi, produksi, hingga pasca produksi. Sutradara sebagai pemimpin sekaligus otak dalam pembuatan film dan penanggung jawab atas segala yang terjadi saat memulai produksi film. Sutradara tidak sendiri dalam suatu produksi, pasti ada crew yang membantu. Production House Arsa Visual Banyuwangi salah satu wadah bagi penggerak bidang dunia kreatif. Production House adalah tempat memproduksi karya visual seperti film contohnya. Jadi sutradara dalam suatu produksi yang dibantu oleh crew jobdesk, sudah mendalami perannya masing-masing. Dalam suatu produksi komunikasi juga sangat penting untuk menjaga dari miskomunikasi dan menjaga mood semua crew terutama sutradara. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan Komunikasi Organisasi, komunikasi kepada sutradara dan semua crew Production House yang terlibat. Komunikasi ini lebih efektif dalam penelitian ini dan bisa mempermudah membantu peneliti agar mendapatkan sumber informasi yang benar. Sutradara dan crew Production House juga membantu meningkatkan SDM (sumber daya manusia), karena membantu meningkat-kan potensi yang ada di desa serta mengajarkan kepada remaja-remaja setempat. Peranya sutradara tidak hanya dalam pembuatan film, namun berdampak bagi masyarakat yang bisa mengenalkan potensi desanya untuk meningkatkan perekonomian warga. Remaja setempat juga ikut bersemangat dalam memajukan desanya dengan melestarikan adat ataupun potensi yang terdapat didesa, jadi dengan adanya film dokumenter ini masyarakat dan pontensi desa juga ikut meningkat lebih baik. Jadi dalam pembuatan film dokumenter ini banyak sekali pengaruh dan peranan sutradra dalam mengambil keputusannya.
Peran Komunitas Pecinta Bus dalam Membantu Perusahaan Otobus (PO) Meningkatkan Minat Konsumen (Studi Kasus Komunitas Djember Bus Lovers) Rendi Adi Kurniawan; Suyono Suyono
Jurnal Bisnis dan Komunikasi Digital Vol. 1 No. 1 (2023): November
Publisher : Indonesian Journal Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47134/jbkd.v1i1.1906

Abstract

Komunitas pecinta bus memiliki peran untuk membantu konsumen dalam memberikan solusi terbaik terkait kebutuhan perjalanan konsumen. Saran dan masukan yang diberikan kepada konsumen perihal perusahaan mana yang tepat sebelum mereka menggunakan moda transportasi Bus di Indonesia baik dari Perusahaan, trayek, fasilitas, harga dan sebagainya. Kurangnya pemahaman masyarakat dikarenakan belum maksimal. Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Teori peran merupakan suatu sudut pandang pada ilmu sosiologi dan psikologi sosial yang beranggapan bahwa sebagian besar aktivitas harian dapat diperankan pada kategori yang sudah ditetapkan secara sosial. Analisis data yang diperoleh bahwa komunitas Djember Bus Lovers memiliki suatu peran tersendiri melalui para anggotanya dimana mereka membantu para calon penumpang bus dalam memberikan informasi tentang angkutan bus dan memberikan rekomendasi – rekomendasi yang sesuai dengan kriteria calon penumpang tersebut. Selain itu, beberapa agen Perusahaan Otobus yang melayani trayek di Jember memberikan keterangan bahwa mereka sangat terbantu dengan adanya komunitas untuk menyebarkan informasi ke pasar yang lebih luas lagi dan membantu dalam meningkatkan penjualan mereka.
Penerapan Komunikasi Pemasaran Digital Menggunakan Model Sostac dalam Mempromosikan Hijab Amalia Collection melalui Instagram Ghifari Aulia Ansa; Ari Susanti
Jurnal Bisnis dan Komunikasi Digital Vol. 1 No. 1 (2023): November
Publisher : Indonesian Journal Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47134/jbkd.v1i1.1907

Abstract

Perkembangan era digital yang semakin pesat memudahkan pelaku usaha dalam mempromosikan produk. Ada berbagai metode komunikasi promosi yang dapat diterapkan dalam promosi produk salah satunya yaitu penerapan model SOSTAC. Untuk itu, penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui penerapan komunikasi pemasaran digital dengan memanfaatkan model SOSTAC untuk mempromosikan hijab Amalia Collection melalui Instagram. Metode penelitian yang dipakai yaitu pendekatan deskriptif kualitatif dengan memanfaatkan data primer dan sekunder yang diperoleh dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilangsungkan dengan tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam membangun promosi produk Amalia Collection menggunakan metode SOSTAC. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Amalia Collection menggunakan strategi pemasaran berdasarkan model SOSTAC, meliputi analisis situasi, penetapan tujuan, strategi, taktik, aksi, dan kontrol. Strategi ini mencakup segmentasi pasar, penetapan target pasar, pemilihan saluran pemasaran, dan penggunaan metode promosi digital. Amalia Collection berhasil meningkatkan kesadaran merek dan penjualan melalui konten promosi yang menarik, kerja sama dengan influencer, dan pembaruan strategi pemasaran. Meskipun menghadapi hambatan seperti persaingan harga, Amalia Collection terus berinovasi dan meningkatkan kualitas produk serta pelayanan kepada konsumen.
Opini Mahasiswa tentang Klinik Kecantikan di Kabupaten Jember Imas Kusnul Alviah; Juariyah Juariyah
Jurnal Bisnis dan Komunikasi Digital Vol. 1 No. 1 (2023): November
Publisher : Indonesian Journal Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47134/jbkd.v1i1.1908

Abstract

Diketahui ada beberapa klinik terbaik di Kabupaten Jember yang menjadi favorit di kalangan mahasiswa adalah Larissa Aesthetic Center, KSC Beauty Clinicque dan Naavagreen. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui darimana mahasiswa memperoleh sumber informasi tentang klinik kecantikan, opini mahasiswa tentang klinik kecantikan di Kabupaten Jember dan kendala yang dialami mahasiswa saat melakukan perawatan. Metode penelitian menggunakan teori S-O-R (Stimulus-Organisme-Respon) dan melakukan studi kasus pada 3 klinik kecantikan yaitu Larissa Aesthetic Center, Kartika Skin Care Beauty Clinique, dan Navagreen. Sampel penelitian ini yaitu mahasiswa yang menjadi informan dan dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa mendapatkan informasi mengenai klinik kecantikan melalui media sosial Instagram dan rekomendasi dari kerabat atau teman. Mahasiswa memiliki opini bahwa klinik kecantikan merupakan tempat perawatan wajah yang saat ini dijadikan kebutuhan yang penting bagi mahasiswa untuk menunjang penampilan fisik. Dapat diketahui Kendala yang dialami oleh mahasiswa yaitu seperti customer service kurang ramah dan kurang tersampaikannya informasi oleh dokter terkait gejala yang dialami setelah melakukan perawatan. Dapat disimpulkan Mahasiswa lebih banyak memperoleh sumber informasi terkait klinik kecantikan di Kabupaten Jember dari media sosial Instagram. Sebagian besar Opini mahasiswa tentang klinik kecantikan yakni memiliki dampak positif untuk seseorang yang ingin merawat tubuh secara ekstra.
Komunikasi Politik Tokoh Masyarakat dalam Menghadapi Pemilu 2024 (Studi Kasus pada Tokoh Pemuka Pendapat Desa Jatimulyo Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember) Mh Sahal Ali Syabana; Suyono Suyono
Jurnal Bisnis dan Komunikasi Digital Vol. 1 No. 1 (2023): November
Publisher : Indonesian Journal Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47134/jbkd.v1i1.1909

Abstract

Jelang PEMILU 2024, banyak informasi yang bertebaran di media. Masyarakat membutuhkan sosok yang mampu memberikan informasi dan pemahaman terhadap situasi politik yang ada. Salah satu Desa yang membutuhkan tokoh masyarakat adalah Desa Jatimulyo. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran tokoh masyarakat dalam menghadapi komunikasi politik di Desa Jatimulyo. Adapun teori yang digunakan dalam pemelitian ini adalah Komunikasi Politik (Nimmo, 1999) yang berpendapat bahwa komunikasi politik adalah peristiwa komunikasi yang dirancang untuk mempengaruhi satu atau lebih individu untuk berbagi pandangan politik yang sama. Dia menambahkan bahwa ada kalanya banyak orang memiliki sudut pandang yang berlawanan. Metode penelitian menggunakan deskriptif kualitatif dengan wawancara mendalam beberapa tokoh masyarakat kepada 5 informan yaitu kepala desa, anggota DPRD, ketua partai, tokoh agama dan guru. Adapun hasil penelitian ini adalah Tokoh masyarakat Jatimulyo dalam mengkomunikasikan pemilu legislatif 2024 ini dengan dua bentuk komunikasi yaitu tokoh masyarakat yang menjadi relawan hanya sebatas menyampaikan informasi kepada masyarakat dan memperkenalkan caleg yang akan di pilih pada saat pemilihan suara. Serta memberikan informasi nomor urut caleg yang mereka kawal. Komunikasi yang di lakukan oleh tokoh masyarakat dengan cara mensosialisakan visi dan misi yang ditawarkan caleg, masyarakat juga diberi gambaran tentang karakteristik caleg serta sifat-sifatnya.
Implementasi Kebijakan Desa Digital dalam Pengembangan UMKM di Desa Sidomulyo Kecamatan Silo Kabupaten Jember Mohammad Malikulhaq Al Farisi
Jurnal Bisnis dan Komunikasi Digital Vol. 1 No. 1 (2023): November
Publisher : Indonesian Journal Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47134/jbkd.v1i1.1910

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran tentang Implementasi Kebijakan Desa Digital Dalam Pengembangan UMKM Di Desa Sidomulyo Kecamatan Silo Kabupaten Jember. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk memberikan gambaran tentang kendala apa saja yang dihadapi dalam rangka Implementasi Kebijakan Desa Digital Dalam Pengembangan UMKM Di Desa Sidomulyo. Kedua dalam rangka Implementasi Kebijakan Desa Digital Dalam Pengembangan UMKM Di Desa Sidomulyo Kecamatan Silo Kabupaten Jember ternyata masih ditemukan beberapa kendala, yaitu: (a) kurangnya sumberdaya manusia (SDM) yang membuat para pelaku UMKM tidak biasa cepat maju atau berkembang; (b) tingkat kesadaran dari pihak pelaku UMKM akan pentingnya digitalisasi marketing masih kurang. (c) terbatasnya sarana dan prasarana usaha, (d)kurangnya informasi yang berhubungan dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, (e) pendanaan yang minim, sehingga para pelaku UMKM tidak dapat memproduksi banyak.
Hambatan Komunikasi Antarbudaya Perantau Banyuwangi di Jepang Dwi Erfina Sari; Juariyah Juariyah
Jurnal Bisnis dan Komunikasi Digital Vol. 1 No. 1 (2023): November
Publisher : Indonesian Journal Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47134/jbkd.v1i1.1911

Abstract

Merantau menjadi sebuah pilihan seseorang untuk bekerja di daerah lain dengan suatu alasan. Alasan utama seseorang memutuskan merantau bekerja di luar daerah bahkan luar negara adalah mereka ingin mencari pengalaman baru dan memperoleh penghasilan yang lebih besar dari daerah asalnya. Salah satu negara yang biasa dijadikan tujuan merantau adalah negara Jepang. Jepang merupakan negara yang mempunyai peluang kerja dalam berbagai sektor, seperti sektor pertanian, teknologi, industry, peternakan dan lain sebagainya. Namun, budaya Jepang dan Indonesia berbeda antar satu sama lain, seperti perbedaan bahasa, kebiasaan, perilaku, makanan, musim, sistem kepercayaan serta budaya lainnya. Perbedaan tersebut menjadi hambatan bagi perantau sehingga menimbulkan rasa keterkejutan budaya atau culture shock. Sehingga dalam penelitian ini, peneliti ingin mengetahui hambatan yang dialami perantau Banyuwangi dan upaya yang dilakukan perantau untuk menghadapi culture shock di Jepang. Pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teori yang digunakan yaitu teori Gudykuns & Kim, dimana dalam teori ini dapat mengenal budaya lebih mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perantau Banyuwangi dapat beradaptasi di ling kungan Jepang. Hambatan yang dialami perantau Banyuwangi yakni bahasa, perilaku dan budaya Jepang. Upaya yang dilakukan perantau Banyuwangi dalam menghadapi culture shock di Jepang adalah dengan belajar budaya Jepang dan membiasakan diri.
Fenomena Speak Up pada Media Twitter (Study Deskriptif Korban Penipuan Melalui Gerakan “A Thread”) Tassya Alifta Kinanti; Suyono Suyono
Jurnal Bisnis dan Komunikasi Digital Vol. 1 No. 1 (2023): November
Publisher : Indonesian Journal Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47134/jbkd.v1i1.1912

Abstract

Twitter adalah layanan yang memungkinkan pengguna untuk berhasil berkomunikasi dan tetap berhubungan satu sama lain. Semakin berkembangnya zaman, Twitter pun semakin berkembang. Dengan adanya fitur terbaru yaitu “thread”. Karena thread memiliki fungsi yang menarik, sekarang thread dijadikan tempat untuk speak up oleh banyak pengguna Twitter. Mulai dari speak up mengenai kasus pelecehan sosial, orang hilang, berita yang sedang viral sampai dengan kasus penipuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pola kerja gerakan “A Thread” pada media Twitter serta hambatan yang dirasakan korban penipuan dalam melakukan speak up di media Twitter. Pada penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Teori yang digunakan adalah self disclosure yang ditemukan oleh Sidney Marshall Jourars (1926-1974) adalah ahli dalam bidang Psikologi Humanistik. Tujuan peneliti menggunakan teori self disclosure atau pengungkapan diri karena sesuai dengan tujuan penelitian yakni untuk mengetahui pola kerja gerakan “A Thread” pada media Twitter serta hambatan yang dirasakan korban penipuan dalam melakukan speak up di media Twitter. Hasil dari penelitian ini bahwa informan menganggap speak up melalui gerakan a thread sedikit membantu dalam meringankan masalah yang dialaminya, namun thread sangat membantu pengguna Twitter lainnya agar tidak mengalami hal yang sama. Sementara untuk faktor penghambat hasil dari penelitian ini adalah para informan merasa kurang tepatnya audience yang mereka dapat sehingga komentar yang tidak sesuai ekspetasi dan tidak membantu untuk menyelesaikan masalahnya dan juga bahasa tulisan dalam membuat thread hingga pengumpulan bukti yang diperlukan.
Efektifitas Akun Instagram Lokerjemberan sebagai Sarana Informasi Lowongan Kerja pada Anak Muda di Kabupaten Jember Gufron Ali Wafa; Juariyah Juariyah
Jurnal Bisnis dan Komunikasi Digital Vol. 1 No. 1 (2023): November
Publisher : Indonesian Journal Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47134/jbkd.v1i1.1913

Abstract

Akun instagram lokerJemberan merupakan sebuah wadah di mana tempat berisikan informasi untuk kalangan anak muda yang berumur 18 sampai 25 tahun yang akan mencari sebuah lowongan pekerjaan. Sebagai salah satu penyedia sumber informasi lowongan kerja yang bersumber dari beberapa perusahaan yang ada di kabupaten Jember. Serta bekerja sama dengan aplikasi kita lulus yang berguna sebagai jemfbatan dalam mencari pekerjaaan. penelitian yang diteliti ini menggunakan teori Agenda Setting. Metode penelitian yang dipakai dalam penelitian ini yaitu Metode Kualitatif. Informan atau Narasumber dalam penelitian ini pengikut instagram LokerJemberan kepada 5 orang lulusan sarjana. Teknik dalam pengambilan data yang digunakan ialah wa-wancara mendalam serta teknik analisis datanya yaitu Deskriptif Kualitatif. Penarikan kesimpulan ini merupakan hasil penelitian ini menggunakan metode Deskriptif Induktif. Adapaun hasil yang diperoleh dari beberapa faktor mengenai postingan, ketertarikan, keakuratan, kebenaran, mendapatkan kesimpulan bahwa lokerjemberan efektif dalam memberikan informasi lowongan kerja di kabupaten Jember, kelemahan dari akun banyaknya lowongan kerja yang kurang nya informasi lowongan kerja untuk lulusan sarjana serta adanya aplikasi kita lulus yang kurang bermanfaat.
Analisa Media Siber pada Tayangan Langsung Virtual Youtube Mythia Batford Rohmad Adi Putra
Jurnal Bisnis dan Komunikasi Digital Vol. 1 No. 1 (2023): November
Publisher : Indonesian Journal Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47134/jbkd.v1i1.1914

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan utama untuk melakukan analisis mendalam terhadap tayangan langsung yang disajikan melalui kanal YouTube Mythia Batford. Dalam era yang ditandai oleh perkembangan pesat media siber, fenomena siaran langsung telah menjadi semakin merakyat. Banyak individu kini memanfaatkan kemampuan ini sebagai peluang untuk mencari penghasilan, menjadikan diri mereka sebagai livestreamer melalui berbagai platform populer seperti Youtube, Instagram, Twitch, dan Facebook. Dalam upaya untuk memahami lebih dalam mengenai fenomena ini, penelitian ini mengadopsi metode etnografi virtual. Metode ini memungkinkan penyelidikan mendalam terhadap perilaku dan interaksi pengguna internet, terutama dalam konteks pemanfaatan media siber. Dengan menerapkan kerangka kerja Analisis Media Siber, penelitian ini secara khusus mengkaji konten siaran langsung yang dihadirkan oleh Mythia Batford. Tayangan-tayangan ini memiliki daya tarik yang signifikan bagi penggemar budaya Jepang di Indonesia. Penelitian ini menemukan bahwa Mythia Batford memiliki kemampuan untuk mengambil peran sebagai Master of Ceremony dalam acara-acara tertentu, seperti Comifuro Virtual 2 dan Karafuru Carnival. Partisipasinya dalam peran ini berhasil menarik perhatian dari kalangan penggemar budaya Jepang di Indonesia. Dengan demikian, kanal YouTube Mythia Batford tidak hanya menjadi sumber hiburan semata, melainkan juga memiliki dampak yang berarti dalam membentuk dan memperkuat komunitas budaya pop Jepang di Indonesia. Melalui karya-karyanya, Mythia Batford tidak hanya memperkaya ranah hiburan di dunia maya, tetapi juga berkontribusi secara nyata dalam membangun ikatan dan identitas budaya dalam skala yang lebih luas.

Page 1 of 2 | Total Record : 20