Neraca: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi
Vol. 2 No. 12 (2024): Neraca: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi

DAMPAK GAYA HIDUP HEDONISME DAN POLA HIDUP KONSUMTIF TERHADAP MANAJEMEN KEUANGAN INDIVIDU : (Studi Pada Organisasi Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Mojokerto)

Azizah Apriliana Dwi Kartikasari (Universitas Islam Majapahit)
Hari Setiono (Universitas Islam Majapahit)
M.Bahril Ilmiddaviq (Universitas Islam Majapahit)



Article Info

Publish Date
21 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak gaya hidup hedonisme dan pola hidup konsumtif terhadap manajmen keuangan individu. Studi ini dilakukan pada Kader Gerakan mahasiswa nasionalis Indonesia (GmnI) di Mojokerto. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan data primer yang diperoleh dari penyebaran kuisioner melalui Google form dengan alat ukur berupa skala likert. Populasi pada penelitian ini yaitu organisasi GmnI di Mojokerto yang berjumlah 115. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling sehingga didapatkan sebanyak 64 responden. Data yang telah terkumpul dianalisis menggunakan perangkat lunas SPSS versi 26 untuk diuji validitas, reabilitas, asumsi klasik dan pengujian hipotesis. Hasil penelitia menunjukkan bahwa gaya hidup hedonisme dan pola hidup konsumtif berpengaruh positif dan signifikan terhadap manajemen keuangan individu.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

neraca

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Neraca: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi, adalah jurnal nasional peer-review yang diterbitkan oleh Komunitas Menulis dan Meneliti (Kolibi). Neraca: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi membahas ekonomi dan bisnis dalam ruang lingkup yang luas. Tim redaksi menyambut baik seluruh masyarakat, ...