SAKOLA: Journal of Sains Cooperative Learning and Law
Vol 1, No 2 (2024): Oktober 2024

Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Beta Berbantuan Articulate Storyline 3 pada Materi Tubuh Tumbuhan dan Fungsinya Kelas IV SD Terpadu Bojongnangka

Dini Rahma Novianti (Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya)
Anggia Suci Pratiwi (Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya)
Sunanih Sunanih (Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif beta berbantuan articulate storyline 3 pada materi bagian tubuh tumbuhan dan fungsinya yang dapat digunakan sebagai pendukung pembelajaran siswa kelas IV SD Terpadu Bojongnangka dalam memahami materi pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara, terdapat beberapa kendala yang terjadi pada saat pembelajaran khususnya pada pembelajaran IPAS materi bagian tubuh tumbuhan dan fungsinya, salah satunya kurangnya penggunaan media pembelajaran yang berpengaruh pada nilai yang diraih siswa, yaitu sebanyak 58 % siswa mendapatkan nilai dibawah KKTP yaitu 75. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (RD) denagn desain penelitian ADDIE yang dikembangkan oleh Roberth Maribe Branch (2009) yang terdapat 5 tahapan, yaitu Analyze (Analisis), Design (Desain), Develop (Pengembangan), Implement (Implementasi), Evaluate (Evaluasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil validasi media pembelajaran interaktif beta oleh validator ahli, sebagai berikut: ahli media memperoleh presentase akhir 96% dengan kategori “sangat layak”, ahli bahasa memperoleh presentase akhir 100% dengan kategori “sangat layak”, dan ahli materi memperoleh presentase akhir 96% dengan kategori “sangat layak”. Adapun hasil dari uji coba satu-satu memperoleh skor rata-rata 93% dengan kategori “sangat layak”, dan hasil uji coba kelompok besar memperoleh skor rata-rata 92% dengan kategori “sangat layak” Hal ini menunjukkan bahwa media interaktif beta sangat layak untuk dijadikan media pembelajaran IPAS pada materi bagian tubuh tumbuhan dan fungsinya. Hal ini ditunjukkan dengan hasil efektivitas media yang dilakukan pada kelas eksperimen yang memperoleh rata-rata skor N-Gain 0,80 dengan kategori “tinggi” dan kategori tafsiran “efektif”. Berdasarkan hasil yang diperoleh, maka media interaktif beta berbantuan articulate storyline 3 layak dan efektif digunakan di Sekolah Dasar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

sakola

Publisher

Subject

Astronomy Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Mathematics

Description

SAKOLA: Journal of Sains Cooperative Learning and Law dengan nomor ISSN terdaftar 3046-787X (Cetak - Print) dan 3046-7179 (Online - Elektronik) adalah jurnal akses terbuka ilmiah yang diterbitkan oleh CV Rayyan Dwi Bharata. SAKOLA: Journal of Sains Cooperative Learning and Law bertujuan untuk ...