SAKOLA: Journal of Sains Cooperative Learning and Law
Vol 1, No 2 (2024): Oktober 2024

Upaya Guru Dalam Menyusun Soal Berbasis HOTS Untuk Menilai Hasil Belajar Siswa

Nurdian Ely (Universitas Pattimura)
Aisa Abas (Universitas Pattimura)
Jumiati Tuharea (Universitas Pattimura)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2024

Abstract

Kemajuan suatu bangsa sangat ditentukan oleh kualitas sumber daya manusianya. Kualitas sumber daya manusia itu tergantung pada kualitas pendidikannya. Bidang pendidikan merupakan salah satu bidang yang memegang peran penting dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Tujuan utama pendidikan adalah memberi kemampuan pada manusia untuk hidup di masyarakat. Untuk mengevaluasi pembelajaran dibutuhkan rancangan tidak hanya pengetahuan tetapi juga sikap dan ketrampilan. Untuk mengukur hal tersebut guru diminta untuk melakukan penilaian berbasis HOTS. soal berbasis HOTS merupakan soal yang disusun bertujuan menguji siswa dalam ranah kemampuan menganalisis (C4), mengevaluasi (C5), dan menciptakan (C6). Kenyataan dilapangan berdasarkan hasil Wawancara awal dengan guru mata pelajaran PKn, guru tersebut membuat soal berbasis Hots masih dengan bantuan dari wakasek kurikulum karena kendala yang dialami yaitu guru tersebutĀ  kurang memahami karena baru mengajar dan masih belum paham tentang soal berbasis HOTS. Guru PKn disekolah tersebut masih mengikuti arahan dari wakasek kurikulum untuk membuat soal berbasis HOTS dari level 4,5, dan 6. Dimana tingkat soal tersebut dari level rendah, sedang dan tinggi. Penyusunan soal di lihat berdasarkan kopetensi dasar dan tujuan yang dicapai dalam pembelajaran agar siswa mampu menjawab soal yang diberikan. Tujuan penelitian ini adalah medeskripsikan upaya guru dalam menyusun soal berbasis hots untuk menilai hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek dan informasinya adalah sekolah kepala sekolah, guru dan siswa. Teknik pengumpulan data yang di gunakan dalam observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan sehingga tersusun rangkai sistematis. Hasil penelitian ini dapat di simpulkan bahwa upaya guru dalam menyusun soal berbasis hots untuk menilai hasil belajar siswa ialah dengan mengunakan startegi dalam penyusunan soal HOTS dilakukan dengan cara melihat jawaban pada setiap soal yang diberikan siswa apakah siswa mampu untuk menjawab atauĀ  tidak karena soal HOTS memiliki tingkatan, dan untuk penerapannya dibuktikan dengan cara melihat jawaban pada setiap soal yang diberikan kepada siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

sakola

Publisher

Subject

Astronomy Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Mathematics

Description

SAKOLA: Journal of Sains Cooperative Learning and Law dengan nomor ISSN terdaftar 3046-787X (Cetak - Print) dan 3046-7179 (Online - Elektronik) adalah jurnal akses terbuka ilmiah yang diterbitkan oleh CV Rayyan Dwi Bharata. SAKOLA: Journal of Sains Cooperative Learning and Law bertujuan untuk ...