PROFETIK: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Agama Islam
Vol. 4 No. 2 (2024): JANUARI-JUNI

INTERNALISASI NILAI–NILAI KEISLAMAN MELALUI PEMBINAAN KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS DI PANTI ASUHAN BUDI UTOMO MUHAMMADIYAH METRO

Damayanti, Nadia Umayroh (Unknown)
Sujino (Unknown)
Cahyono, Heri (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 May 2024

Abstract

Tidak semua anak beruntung dilahirkan dalam keluarga yang harmonis, tetapi ada juga anak yang lahirdalam kondisi perceraian dan perpisahan keluarga, yang miskin, dan tidak mampu menjalankan perannyadengan sempurna. Kondisi tersebut menyebabkan anak-anak terlepas dari kasih sayang orang tua danmengalami kerentanan masa mudanya. Dan inilah pengalaman remaja yang tinggal di panti asuhan. PantiAsuhan Muhammadiyah Budi Utomo Metro diketahui menerapkan sistem pendidikan semi pesantrendalam proses Penerapan nilai-nilai keislaman melalui pembinaan kesejahteraan psikologis. Penelitian inimenggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknikpengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis datapenelitian dengan cara data reduction, datadisplay, conslusionsdrawing/verification dan AnalisisSWOT. Setelah dilakukanya penelitian didapati bahwa internalisasi nilai-nilai keislaman melaluipembinaan kesejahteraan psikologis di Panti Asuhan Budi Utomo Muhammadiyah Metro telah berhasildilaksanakan dengan baik. Mayoritas anak asuh di panti tersebut menunjukkan tingkat kesejahteraanpsikologis yang memadai, termasuk dalam aspek penerimaan diri, hubungan positif dengan orang lain,kemandirian, penguasaan lingkungan, tujuan hidup, dan pertumbuhan pribadi. Meskipun demikian, masihada beberapa anak yang belum mencapai tingkat kesejahteraan yang diharapkan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

profetik

Publisher

Subject

Religion Education

Description

PROFETIK: merupakan Jurnal Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Metro, sebagai wahana komunikasi akademik dalam bidang Pendidikan Agama Islam yang mencakup Pemikiran Pendidikan Agama Islam, Strategi Pembelajaran Pendidikan Islam, Pengembangan ...