Pendas mahakam : jurnal pendidikan dan pembelajaran Sekolah Dasar
Vol. 8 No. 2 (2023): December

ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTs) KELAS IV C DI SDN 012 SAMARINDA ULU

Afdal, Afdal (Unknown)
Hotimah, Hakimah Husnul (Unknown)
Arifin, Nurdin (Unknown)
Nugroho, Tri Cahyo (Unknown)
Muhdar, Andi (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan guna mengetahui deskripsi keahlian penyelesaian soal matematika dalam menuntaskan soal HOTs pada peserta didik kelas IVC di SD Negeri 012 Samarinda Ulu. Penelitian ini masuk dalam kategori penelitian deskriftif berbasis pendekatan kualitatif. Penelitian ini mengambil subjek peserta didik kelas IVC di SD Negeri 012 Samarinda yang totalnya 6 peserta didik, meliputi 2 peserta didik yang memiliki keahlian tinggi, 2 peserta didik yang meliki keahlian sedang serta 2 peserta didik yang memiliki keahlian rendah. Penelitian memakai penilaian akhir ujian soal HOTs serta pendataan dari wawancara guna menguatkan respon subjek terhadap hasil ujian soal sebelumnya. Kemudian data yang diperoleh, dilakukan analisis berprinsipkan pada 4 aktivitas pemecahan dari persoalan pada langkah polya. Penelitian ini menghasilkan sebagai berikut: (1) Subjek yang berkeahlian tinggi dapat menuntaskan ujian soal HOTs di seluruh aktivitas pada penyelesaian persoalan berlandaskan langkah polya. (2) Subjek yang berkeahlian sedang dapat menuntaskan aktivitas pemahaman soal, merencanakan rancangan, serta melakukan rancangannya dalam menuntaskan ujian soal HOTs, tetapi kurang pada aktivitas memeriksa ulang. (3) subjek berkeahlian rendah dapat menuntaskan aktivitas pemahaman soal, tetapi kurang kurang saat aktivitas merencanakan rancangan, melakukan rancangannya serta memeriksa ulang. Kata Kunci: Pemecahan Masalah Matematika, Soal HOTs, Langkah Polya.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

pendasmahakam

Publisher

Subject

Mathematics Other

Description

Topics of Pendas Mahakam Journal related to aspects of education, especially elementary education, it was related to the Educational Management in Primary Schools, Learning Strategy, Learning Method, Learning Model as well as aspects related to education in general. Determination of the article ...