Perspektif Komunikasi; Jurnal Ilmu Komunikasi dan Komunikasi Bisnis
Vol 8, No 1 (2024): Perspektif Komunikasi

KOMUNIKASI BISNIS DALAM PENGEMBANGAN GREEN ENTREPRENEURSHIP MELALUI BATIK ECOPRINT UMKM BATIK DURENAN INDAH SEMARANG

Safira, Citra (Unknown)
Rahmah, Hilda (Unknown)
Indainanto, Yofiendi Indah (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2024

Abstract

Terjadinya global warming membuat masyarakat kini mulai fokus pada lingkungan. Salah satunya adalah meningkatnya konsumsi produk-produk ramah lingkungan. Konsumen saat ini mulai lebih peduli pada lingkungan dan beralih pada pasar yang lebih hijau (green marketing). Oleh sebab itu, pengusaha juga kini lebih bertanggung jawab secara sosial dan telah memahami peran mereka dalam bisnis yang berkelanjutan di masa depan yang lebih baik dengan menerapkan kewirausahaan hijau (green entrepreneurship). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses komunikasi bisnis yang dilakukan oleh penginisiasi batik di UMKM Batik Kampung Tematik Batik Durenan Indah Semarang oleh anggota-anggota umkm batik lainnya dalam mengembangkan green entrepreneurship. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan pengumpulan data melalui wawancara dan observasi langsung dengan mengamati proses komunikasi yang berlangsung. Pengembangan green entrepreneurship menjadi penting untuk meningkatkan kualitas pengusaha itu sendiri serta turut menjaga kelestarian lingkungan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

perspektif

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Focus and Scope Perspektif Komunikasi focuses on writings that contains research and contemporary thinking in the field of Communication Studies in various perspectives and angles include: 1. Political Communication, features cutting-edge theory-driven empirical research at the intersection of ...