Perspektif Komunikasi; Jurnal Ilmu Komunikasi dan Komunikasi Bisnis
Focus and Scope Perspektif Komunikasi focuses on writings that contains research and contemporary thinking in the field of Communication Studies in various perspectives and angles include: 1. Political Communication, features cutting-edge theory-driven empirical research at the intersection of politics and communication. This could be an analytical viewpoints that advance understanding of the practices, processes, content, effects, and policy implications of political communication. 2. Business Communication, address all areas of business communication including but not limited to business composition and information systems only, but also international business communication, management communication, organizational and corporate communication. 3. Marketing Communication, concerning all aspects of marketing and corporate communication, branding both corporate and product-related, and promotion management include integrated marketing communication, advertising, public relations and broadcasting. 4. Development Communication, address the using of communication to facilitate social development, promotes information exchanges to create positive social change via sustainable development.
Articles
135 Documents
PERSEPSI KHALAYAK MENGENAI SPECIAL EVENT BUMI RUMAH KITA DALAM MENINGKATKAN PUBLIC AWARENESS
Safira Hasna
Perspektif Komunikasi: Jurnal Ilmu Komunikasi Politik dan Komunikasi Bisnis Vol 5, No 1 (2021): Perspektif Komunikasi
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jakarta
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (710.83 KB)
|
DOI: 10.24853/pk.5.1.49-55
Dengan berkembangnya konsep pemasaran ke arah pemasaran sosial; event banyak digunakan untuk berbagai tujuan; Special event memberikan pengalaman pengunjung yang menyenangkan; pengalaman menawarkan peluang tambahan untuk mengkomunikasikan perhatian pada isu-isu yang dibawa oleh pemasaran sosial yaitu untuk perubahan perilaku yang bermanfaat bagi masyarakat luas contohnya perilaku ramah lingkungan. Sejauh Mata Memandang; sebagai brand fashion menggunakan tekstil daur ulang yang terbuat dari limbah pra-konsumsi yang diproses menjadi bahan baru sehingga sifatnya ramah lingkungan memiliki tagline kampanye #sejauhmanakamupeduli yang berguna untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran publik terhadap isu lingkungan. Untuk meningkatkan kesadaran publik akan isu lingkungan; kampanye pemasaran sosial yang digunakan oleh Sejauh Mata Memandang adalah dengan mengadakan special event berupa public exhibition ‘Bumi Rumah Kita’. Inisiatif Sejauh Mata Memandang (SMM) dalam meningkatkan kesadaran masyarakat akan kondisi sampah; khususnya sampah tekstil; ditunjukkan dalam pameran tersebut. Oleh karena itu; penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana persepsi khalayak mengenai special event Bumi Rumah Kita yang diselenggarakan oleh Sejauh Mata Memandang dalam meningkatkan public awareness. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan wawancara mendalam kepada pengunjung pameran Bumi Rumah Kita. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi khalayak mengenai special event Bumi Rumah Kita dapat membuat pengunjung lebih sadar akan isu lingkungan dan pengelolaan limbah / sampah. Kampanye yang disampaikan melalui special event dapat membantu terciptanya tujuan pemasaran sosial Sejauh Mata Memandang (SMM) sebagai produk tekstil berkelanjutan untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran publik terhadap isu lingkungan.
PENGARUH MOBILE ADVERTISING TERHADAP MINAT BELI LAYANAN NETFLIX SELAMA PANDEMI COVID-19
Emilia Nathaniel;
Satria Kusuma
Perspektif Komunikasi: Jurnal Ilmu Komunikasi Politik dan Komunikasi Bisnis Vol 4, No 2 (2020): Perspektif Komunikasi
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jakarta
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (831.179 KB)
|
DOI: 10.24853/pk.4.2.195-205
Salah satu strategi pemasaran iklan yang dapat dilakukan oleh pemasar selama pandemi Covid-19 adalah melalui mobile advertising, seperti yang dilakukan oleh perusahaan Netflix. Penelitian ini mengkaji strategi pemasaran melalui iklan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh mobile advertising melalui Youtube Ads terhadap minat beli layanan Netflix selama pandemi Covid-19. Teori yang digunakan yaitu model AIDA yang memiliki indikator attention, interest, desire dan action, kemudian teori mobile advertising yang memiliki indikator informativeness, credibility, entertainment dan irritation serta teori minat beli yang memiliki indikator attention, interest, desire dan action. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner secara online. Hasil dari penelitian ini adalah mobile advertising memiliki pengaruh yang rendah terhadap minat beli layanan Netflix selama pandemi Covid-19, yaitu hanya sebesar 19%.
PERSONAL BRANDING DALAM KOMUNIKASI PUBLIK PEMERINTAH ANALISIS FRAMING KARAKTER PERSONAL MENTERI KABINET INDONESIA MAJU DALAM SIARAN PERS KEMENTERIAN TAHUN 2020
Mochamad Taufiq Hidayat
Perspektif Komunikasi: Jurnal Ilmu Komunikasi Politik dan Komunikasi Bisnis Vol 5, No 1 (2021): Perspektif Komunikasi
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jakarta
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (764.431 KB)
|
DOI: 10.24853/pk.5.1.65-71
Siaran pers; merupakan pernyataan resmi lembaga; hal yang menarik; dalam setahun terakhir ini; siaran pers kementerian dan lembaga memuat sebutan atau sapaan khas dari menteri dan pimpinan lembaga. Dalam perspektif komunikasi publik hal itu menarik dikaji apakah sebagai penerapan personal branding atau ada kebutuhan lain.Menggunakan kajian teoritis kerja public relations dan personal branding; penelitian ini ditujukan untuk menjelaskan karakter yang disajikan dalam siaran pers lembaga mengenai menteri atau kepala lembaga yang menggunakan sebutan khusus. Analisis framing Entman digunakan untuk menganalisis siaran pers yang ditemukan dengan cara mencari dalam fitur google search serta mempertimbangkan banyaknya jumlah pengakses. Berdasarkan hasil penelitian ini yang menggunakan analisis framing; ditemukan bahwa secara umum terdapat gambaran kesengajaan untuk menampillkan personal branding yang melekat dengan latar belakang ataupun pengalaman menteri di website masing-masing kementerian yang diamati. Melalui siaran pers; personal branding bisa memungkinkan disampaikan secara utuh. peluang bisa menjangkau lebih banyak publik jika disajikan melalui website. Keterbatasan penelitian ini lebih fokus pada kemasan atau framing dalam produk siaran pers. Namun akan lebih menarik jika dikembangkan untuk mengkaji respons pekerja media sebagai penelitian lanjutan.
ANALISIS WORD CLOUD PADA PESAN DAKWAH PROGRAM SIARAN RADIO DIAH ROSANTI 95,9 FM PONTIANAK
Maria Ulfa;
Syf Aminah;
Evi Hafizah
Perspektif Komunikasi: Jurnal Ilmu Komunikasi Politik dan Komunikasi Bisnis Vol 4, No 2 (2020): Perspektif Komunikasi
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jakarta
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (1099.439 KB)
|
DOI: 10.24853/pk.4.2.207-218
Perkembang teknologi digital media radio pada program siaran yaitu menggabungkan siaran berbasis konvensional dan siaran berbasis daring pada program siaran keagamaan di radio Diah Rosanti 95,9 FM Pontianak. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan metode studi kasus. Data dalam penelitian ini hasil wawancara mendalam, hasil transkip siaran dan diananlisis dengan menggunakan NVivo 12. Tujuannya adalah untuk mengetahui pesan dakwah pada materi siaran dakwah di Radio Diah Rosanti 95,9 FM Pontianak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pesan siaran dakwah yang terdapat pada program acara penuntun iman penyejuk hati di Radio Diah Rosanti 95,9 FM Pontianak menggunakan analisis word cloud berupa pesan akidah, pesan syari’ah dan pesan akhlak.
ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN BANJIR DI KALIMANTAN SELATAN PADA DETIK.COM DAN TEMPO.CO
Neng Tika Harnia;
Rizki Teja Pratama;
Hendra Setiawan
Perspektif Komunikasi: Jurnal Ilmu Komunikasi Politik dan Komunikasi Bisnis Vol 5, No 1 (2021): Perspektif Komunikasi
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jakarta
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (654.048 KB)
|
DOI: 10.24853/pk.5.1.1-9
Penelitian yang berjudul “Analisis Framing pada Pemberitaan Banjir di Kalimantan Selatan pada Detik.com dan Tempo.co” bertujuan untuk melihat bagaimana suatu media dalam bercerita dan memaparkan mengenai suatu data berdasarkan sebuah fakta yang sesuai dengan sudut pandang dan kebijakan dalam media tersebut dalam melakukan sebuah framing terhadap pemberitaanya. Salah satunya yaitu media online Detik.com dan Tempo.co. Kedua media tersebut sama-sama memaparkan mengenai bencana banjir yang menimpa Kalimantan Selatan. Namun, kedua media tersebut memaparkan pemberitaan dengan sisi yang berbeda. Media Detik.com melihat penyebab banjir didasari atas curah hujan yang cukup tinggi ditambah drainase yang buruk sehingga sauran air tidak dapat membendung volume air yang cukup besar. Lain halnya dengan media Tempo.co, yang memandang pemberitaan bencana banjir berdampak pada adanya tambang dan lahan sawit yang tidak dikelola dengan baik. Analisis framing pada pemberitaan tersebut ditinjau melalui struktur sintaksis, tematik, skrip serta retoris. Dalam penelitian ini menggunakan teori Zhong Dang Pan serta M. Kosicki. Metode penelitiannya merupakan metode penelitian kualitatif. Hasil penelitian membuktikan bahwa dalam setiap media mempunyai cara pandang dan cara mengemas yang berbeda sesuai dengan apa yang ingin ditonjolkan dalam media tersebut berdasarkan atas data dan fakta yang didapatkan.
PENGARUH PROMOSI DI AKUN INSTAGRAM @DISKON.INDONESIA TERHADAP MINAT BELI PADA MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA ANGKATAN 2019
Kamiliya Eka Putri;
K. Y.S. Putri
Perspektif Komunikasi: Jurnal Ilmu Komunikasi Politik dan Komunikasi Bisnis Vol 5, No 1 (2021): Perspektif Komunikasi
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jakarta
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (823.904 KB)
|
DOI: 10.24853/pk.5.1.57-64
Instagram merupakan media sosial yang sedang diminati masyarakat pada saat ini. Instagram digunakan untuk komunikasi antara satu pengguna dengan pengguna yang lain. Pada saat ini Instagram juga memiliki fungsi untuk sarana promosi. Salah satunya adalah akun Instagram @diskon.indonesia yang memberikan informasi tentang berbagai macam promo produk. Dengan hal ini; tentunya akan menimbulkan minat beli khususnya pada mahasiswa. Peneliti bertujuan untuk meninjau dan mengetahui pengaruh promosi di akun Instagram @diskon.indonesia terhadap minat beli pada mahasiswa Ilmu Komunikasi Univeristas Negeri Jakarta Angkatan 2019. Paradigma yang digunakan adalah positivisme. Penelitianiiniimenggunakanipendekatanikuantitatifidenganisurveiisebagaiimetode penelitiannya. Penelitian ini memiliki populasi sebanyak 82 mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas NegerioJakartaoAngkatano2019 dengan jumlah sample yaitu 68 mahasiswa yang ditentukan berdasarkan penghitungan Rumus Slovin. Teknik dalam mengambil sample yangodigunakanoadalahoprobabilityosampling dengan jenis simpleorandomosampling. Sumber dataOyang digunakan merupakan data primer dan data sekunder. Instrumen atau alat ukur yang digunakan yaitu kuesioner yang disebarkan melalui google form dengan menggunakan Skala Likert. Hasil analisis regresi linear sederhana; yaitu (3;480 > 1;996) dan nilai signifikan; yaituo(0;001 < 0;05).oDari hasil penelitian; akun Instagram @diskon.indonesia memiliki foto/postingan; caption; dan banyaknya jumlah like & comment yang mempengaruhi minat beli mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas NegerioJakartaoAngkatano2019.
MANAJEMEN PERUBAHAN KOMUNIKASI PARTAI POLITIK NEW WAVE: SEBUAH STUDI ETNOGRAFIS DI PARTAI PSI JAWA BARAT
Virza Utama Alamsyah;
Poltak Sinaga;
Gracia Ugut;
Edison Hulu
Perspektif Komunikasi: Jurnal Ilmu Komunikasi Politik dan Komunikasi Bisnis Vol 5, No 1 (2021): Perspektif Komunikasi
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jakarta
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (874.011 KB)
|
DOI: 10.24853/pk.5.1.11-27
Studi ini bertujuan untuk menjawab bagaimana laju Partai Solidaritas Indonesia (PSI) di Jawa Barat dalam menjalankan strategi komunikasi politiknya berbeda dengan PSI di DKI Jakarta, hal ini menjadi sebuah fenomena menarik karena sejatinya Jawa Barat berbatasan langsung dengan DKI Jakarta. Riset ini menggunakan pendekatan kualitatif Etnografi untuk menemukan dan menggambarkan dinamika partai guna meningkatkan performa komunikasi politik PSI di Jawa Barat. Berdasarkan hasil penelitian didapati bahwa manajemen komunikasi politik new wave terdapat dalam tubuh PSI Jawa Barat. Pendekatan tiga hal penting yakni kultur-nilai, coaching oleh ketua dan sikap progresif-dinamis anak muda membuat PSI Jawa Barat mendapati posisi politik yang berbeda dalam konstetasi di Jawa barat
PENGGUNAAN TWITTER DALAM MENINGKATKAN MELEK POLITIK MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA
Andhika Rivaldy;
Hana Aviela Fedria Wowor;
Salsa Ratu Maisya;
Dini Safitri
Perspektif Komunikasi: Jurnal Ilmu Komunikasi Politik dan Komunikasi Bisnis Vol 5, No 1 (2021): Perspektif Komunikasi
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jakarta
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (586.399 KB)
|
DOI: 10.24853/pk.5.1.41-48
Media sosial sekarang ini merupakan suatu bagian yang tidak terlepaskan dari keseharian masing-masing hidup manusia. Melalui media sosial beragam informasi bisa ditemui, seperti hiburan, berita, olahraga, bahkan mengenai politik. Satu dari sekian medsos yang tengah marak penggunaannya yang cukup masif adalah Twitter. Tidak hanya digunakan oleh masyarakat untuk berbagi hiburan, Twitter sekarang ini kerap digunakan oleh para politisi untuk berkampanye ataupun sebagai ruang beropini untuk masyarakat. Penelitian ini memiliki tujuan dalam menelaah peran dan fungsi Twitter dalam melek politik di kalangan mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini ialah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus, yakni menjelajah peranan media Twitter dalam meningkatkan melek politik. Data penelitian dikumpulkan secara terperinci dan mendalam melalui observasi, wawancara dengan mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Jakarta angkatan 2019. Analisis data dilakukan secara holistik, yaitu mendeskripsikan keseluruhan kasus dan menginterpretasikan kaitannya dengan pernyataan. Hasil penelitian menunjukan peran media sosial Twitter terhadap peningkatan keikutsertaan mahasiswa dalam pelaksanaan pembangunan dan perkembangan politik dengan memanfaatkan sebuah platform media sosial mempunyai pengaruh yang sangat besar. Dengan adanya media sosial Twitter sebagai ruang publik dan ruang partisipasi masyarakat khususnya mahasiswa di dalam ruang lingkup politik, yang juga dapat diakses publik dari semua lapisan, tidak perlu lagi memikirkan mengenai pengungkapan pendapat, karena memang hak suara yang diungkapkan sudah bulat tanpa adanya intervensi dari kelompok lain, asalkan tetap dalam konteks politik. Twitter sebagai wadah platform daring untuk berpolitik, mempunyai andil untuk mengajak masyarakat khususnya mahasiswa dalam berpartisipasi.
FEMINISM INTERPRETATION: RECEPTION ANALYSIS OF PEKANBARU SOCIETY ABOUT ‘KARTINI’ MOVIE
Desliana Dwita;
Desi Sommaliagustina
Perspektif Komunikasi: Jurnal Ilmu Komunikasi Politik dan Komunikasi Bisnis Vol 2, No 2 (2018): Perspektif Komunikasi
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jakarta
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (178.038 KB)
|
DOI: 10.24853/pk.2.2.%p
Film is one of medium of mass communication that brings message to be delivered to target audience. Film is not a value-free entity because it is the result of some people's thinking process until it becomes a cultural product. Hanung Bramantyo's Kartini emphasizes the critical attitude of a woman who broke the injustice in the era of colonization in Indonesia. She can be regarded as the early struggle of feminist figure in Indonesia who have brought today’s Indonesian women no longer experience discrimination in education. Nevertheless, the interpretation of feminism has not been fully accepted because most of Indonesia territories adhere to patriarchal system. The specific objective of this research is to find out the reception of Pekanbaru moviegoers towards Kartini in regard of feminism issue. The long-term goal of this research is to provide feedback for filmmakers about Indonesian audience acceptance towards gender equality issues, and serve as a reference for further research on gender messages in the media. The study used a qualitative research method with the reception analysis approach of the Stuart Hall Encoding / Decoding model which observed assimilation process between media discourse and audience culture discourse. Different understanding on emancipation and feminism causes different interpretation. Informants who have a strong background in life, interpret feminism as a struggle to break injustice. Informants who were in the Dominant Hegemonic Position group were individuals with a high school education background and idolized the figure of Kartini. Informants who are in Negotiated Position are individual observers and film practitioners. Oppositional Position Informants are PhD holder individuals and religious persons. Keywords: Feminism, Reception Analysis, Kartini Movie
STRATEGI KOMUNIKASI PEREMPUAN PEMIMPIN
Sa'diyah El Adawiyah
Perspektif Komunikasi: Jurnal Ilmu Komunikasi Politik dan Komunikasi Bisnis Vol 1, No 2 (2017): Perspektif Komunikasi
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jakarta
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (463.659 KB)
|
DOI: 10.24853/pk.1.2.%p
Kepemimpinan tidak bisa terlepas dari individu yang berperan sebagai pemimpin itu sendiri. Banyak yang menghubungkan antara kemampuan individu dalam memimpin dengan aspek biologis yang melekat pada diri sang pemimpin yaitu berdasarkan pada perbedaan jenis kelamin laki-laki dan perempuan yang mengakibatkan timbulnya istilah ketimpangan jender (jenis kelamin laki-laki dan perempuan). Diperlukan strategi komunikasi perempuan dalam memimpin suatu organisasi. Kata Kunci: Pemimpin, Perempuan, Strategi Komunikasi