Counselia: Jurnal Bimbingan Konseling Pendidikan Islam
Jurnal Bimbingan Konseling Pendidikan Islam

Optimalisasi Pembelajaran Melalui Pendekatan, Strategi, Metode, Dan Teknik Pembelajaran

Hasibuan, Nisa Hafzhiyah (Unknown)
Sibuea, Parulian (Unknown)
Rambe, Nursamsia (Unknown)
Ningsih, Dwi Setia (Unknown)
Utami, Widya (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Mar 2024

Abstract

Pembelajaran yang dilaksanakan guru/pendidik di dalam kelas akan dapat terlaksana dengan efektif dan efisien apabila semua komponen pembelajaran berjalan sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sejauh mana optimalisasi pembelajaran melalui pendekatan, strategi, metode dan teknik pembelajaran digunakan di dalam kelas. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitan kepustakaan (library research) yaitu serangkaian kegiatan yang berkenaan dengan metode pengumpulan data pustaka. Pendekatan dapat diartikan sebagai titik tolak atau sudut pandang kita terhadap proses pembelajaran. Metode pembelajaran adalah langkah–langkah dan cara sistematis dalam menyampaikan materi kepada siswa yang digunakan guru dan disajikan khas oleh guru untuk mencapai tujuan pembelajaran. Teknik pembelajaran adalah suatu pengetahuan tentang cara-cara mengajar yang dipergunakan oleh guru atau instruktur. Dalam memilih dan melaksanakan strategi pembelajaran tersebut, seorang pendidik perlu memperhatikan ciri khas dari setiap materi pelajarannya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

cs

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Aim and Scope Counselia, Jurnal Bimbingan Konseling Pendidikan Islam is articles on practice, theory, and research in Islamic educational guidance and ...