Cendekia: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
Vol. 18 No. 1 (2024): April

PENGARUH TEKNIK PEMBELAJARAN POMODORO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS X DI MAN 4 TANGERANG

Afiah, Via (Unknown)
Nurhasanah, Anna (Unknown)
Rustamana, Agus (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Sep 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik pembelajaran pomodoro terhadap hasil belajar pada mata pelajaran sejarah kelas x di Man 4 Tangerang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode Quasi Eksperimen dan pengambilan sampel dilakukan melalui teknik nonprobability sampling dengan cara sampel tidak diambil secara acak. Penelitian ini dilakukan pada Desember 2023-Januari 2024. Adapun hasil penelitian sebagai berikut: Terdapat pengaruh teknik pembelajaran pomodoro terhadap hasil belajar pada mata pelajaran sejarah kelas x di Man 4 Tangerang, dengan pengujian uji-t dua pihak dengan menggunakan rumus pollend varian membuktikan bahwa terdapat penolakan terhadap hipotesis nol (), dan penerimaan terhadap daerah hipotesis alternatif (), dengan sebesar 3,641> 1,98. 2). Hasil belajar Peserta didik menggunakan teknik pembelajaran pomodoro lebih tinggi dari teknik pembelajaran konvensional. Didasarkan kepada prolehan rata-rata dan post tes dimana kelas ekperimen memperoleh rata-rata sebesar 63,36, Sedangkan pada kelas kontrol memperoleh rata-rata sebesar 56,22. Setelah melakukan uji hipotesis dengan uji-t satu pihak, terdapat penerimaan pada hipetesis alternatif (), dengan kelas eksperimen memperoleh sebesar 3,641 dari 1,66.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

CENDEKIA invites original research or a review paper within the area of education and teaching in all levels of education. CENDEKIA is a venue for studies that demonstrate sound research methods and which report findings that have clear pedagogical ...