Inspiratif Pendidikan
Vol 12 No 2 (2023): JURNAL INSPIRATIF PENDIDIKAN

PERAN GURU DALAM PEMBELAJARAN MERDEKA BELAJAR DI SD

Pribadi, Reksa Adya (Unknown)
Dzambiyah , Asfiyatu (Unknown)
Dwinatalia, Elsa (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2023

Abstract

Kurikulum Merdeka mengusung konsep “Merdeka Belajar” yang memiliki arti bahwa sekolah diberikan kebebasan dalam menyusun kurikulumnya sesuai dengan potensi yang dimiliki sekolah ataupun potensi yang dimiliki daerah di sekitar lingkungan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Peran Guru Dalam Pembelajaran Merdeka Belajar di SD. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Subjek pada penelitian ini yaitu guru kelas 1 di SDN Sempu 2. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru kelas 1 SDN Sempu 2 masih belum maksimal dalam menjalankan perannya sebagai seorang pembimbing dan pelatih pada saat proses pembelajaran merdeka belajar di kelas 1. Berbagai upaya bisa dilakukan, seperti mengikuti sosialisasi ataupun seminar, sekaligus belajar mandiri melalui Platform Merdeka agar mencapai tujuan dari Kurikulum Merdeka itu sendiri.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Inspiratif-Pendidikan

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences

Description

Inspiratif Pendidikan is a scholarly journal published by Department of Islamic Religion Education, Faculty of Tarbiyah and Teaching, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. The journal only accepts research findings, thoughts that related to education and teaching development in general, and ...