Nanggroe: Journal of Scholarly Service
Vol 2, No 9 (2023): Desember

Optimalisasi UMKM Melalui Legalitas Usaha dan Branding Menggunakan Aplikasi Canva Di Kelurahan Medokan Ayu Kota Surabaya

Ratnawati, Susi (Unknown)
Romadhona, Nur Hidayah (Unknown)
Dermawan, Ivvone Ramaniar (Unknown)
Widhianti, Andhini (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Dec 2023

Abstract

UMKM merupakan sektor bisnis yang dijalankan oleh perseorangan, badan usaha skala kecil, ataupun rumah tangga, yang dibedakan berdasarkan besar kecilnya modal usaha serta jumlah karyawan yang dimiliki. Dalam menjalankan usaha UMKM dengan memiliki legalitas serta membangun branding di era digital yang semakin maju setiap tahunnya telah menjadi kunci utama yang dapat membawakan dampak positif untuk keberlanjutan bisnis(Putra, 2016). Tujuan dari kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat adalah untuk meningkatkan UMKM membuat legalitas usahanya dengan benar serta memanfaatkan aplikasi Canva untuk menciptakan bahan branding di media sosial di era digital, khususnya di Kelurahan Medokan Ayu, Kecamatan Rungkut, Kota Surabaya yang dimana masyarakatnya mayoritas belum mendaftarkan legalitas halal serta belum melakukan branding produk di era digital. Melalui penyuluhanan legalitas masyarakat dapat mengerti bagaimana cara mendaftarkan produk usahanya ke lembaga agar lebih terpecaya hasil produknya serta melalui penyuluhan aplikasi Canva masyarakat dapat memanfaatkan aplikasi tersebut dengan mudah, karena aplikasi tersebut dirancang untuk mempermudah pengguna dalam pembuatan konten atau bahan branding. Metode dalam pengabdian ini terdiri dari tiga tahap yaitu observasi, wawancara , serta pelaksanaan pelatihan.

Copyrights © 2023