Annual Conference on Islamic Early Childhood Education
Vol. 7 (2023): The 7th Annual Conference On Islamic Early Childhood Education

Game Edukatif: Aplikasi Quizizz Untuk Evaluasi Hasil Belajar Mahasiswa Terhadap Pemahaman Materi Pembelajaran

Kamil, Nurhusni (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Feb 2024

Abstract

Penggunaan teknologi pada pembelajaran sudah banyak ditemukan. Salah satu aplikasi yang banyak digunakan saat ini adalah aplikasi quizizz. Kelebihan dari aplikasi ini adalah tampilan yang menarik karena fitur yang berwarna-warni tidak hanya itu saat membuat tugas pendidik dapat bebas memilih model tampilan yang akan digunakan. Selain itu ketika dalam pengerjaan aplikasi ini didukung oleh sound yang menyebabkan peserta didik tida jenuh saat menyelesaikan soal. Namun dibalik kelebihan tersebut, aplikasi ini juga mempunyai beberapa kekurangan seperti menggunakan jaringan internet yang stabil, kesempatan mengakses browser lain saat mengerjakan soal untuk mencari jawaban serta guru tidak mengawasi peserta didik secara langsung jika penugasan yang diberikan tidak pada satu tempat yang sama karena aplikasi ini bersifat online. Artinya dimana saja dan kapan saja aplikasi ini bisa diakses. Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengetahui apakah aplikasi quizizz dapat dijadikan sebagai bentuk bahan evaluasi belajar mahasiswa terhadap pemahaman materi pada mata kuliah sosial emosional. Tujuan dari artikel ini untuk mengetahui pemahaman mahasiswa terhadap materi yang telah diberikan yang dilakukan mulai dari bulan September sampai dengan November 2023 dengan tema pembelajaran berbeda setiap minggunya. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Mahasiswa Pendidikan Islam Anak Usia Dini UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta semester 3 menjadi peserta penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara,observasi dan dokumentasi. Temuan dalam penelitian ini memiliki beberap implikasi pada tahap awal pemahaman mahasiswa terhadap materi pada mata kuliah Sosial Emosional Anak Usia Dini. Mahasiswa memahami materi yang telah dipelajari dibuktikan dengan perolehan skor yang terus meningkat secara meningkat pada setiap pertemuan. Meskipun pada pertemuan terakhir performa kelas sedikit terjadi penurunan yang disebabkan salah satu partisipan tidak dapat menyelesaikan soal hingga selesai dikarenakan terkendala sinyal.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

aciece

Publisher

Subject

Education Neuroscience

Description

Annual Conference on Islamic Early Childhood Education (ICIECE) merupakan konferensi yang diadakan secara rutin setiap tahun oleh Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Tema yang dikaji dalam konferensi ini adalah tema-tema ...