Kinerja guru sangat penting dalam mencapai tujuan pembelajaran, namun masih terdapat beberapa kelemahan yang terjadi yaitu kinerja guru yang dibawah standar. Permasalahan tersebut antara lain menunjukkan keterlambatan masuk kelas, keterlambatan dalam menyelesaikan tanggung jawab utama seperti perencanaan pembelajaran dan pembuatan soal ulangan harian dan tidak mengembalikannya kepada siswa, persiapan guru yang tidak memadai dalam pedagogi, keengganan untuk menegakkan aturan disiplin sekolah, jarang berpartisipasi dalam kegiatan sekolah, dan tidak adanya guru. kegiatan pembelajaran yang inovatif. Kinerja guru tidak terlepas dari kepemimpinan kepala sekolah yang merupakan penanggung jawab utama pencapaian tujuan bersama di sekolah. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru di SMA Negeri I Tuah Gumilang. Pendekatan penelitian menggunakan product moment korelasional Pearson. Populasi dalam penelitian ini adalah 22 orang guru SMA Negeri I Tuah Gumilang yang secara keseluruhan dijadikan sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja SMA Negeri I Tuah Gumilang. Namun masih terdapat kendala dalam mencapai tujuan pembelajaran. Untuk itu kepala sekolah perlu memperhatikan guru SMA Negeri 1 Tuah Gumilang dan strategi pendampingan pencapaian kinerja melalui peningkatan komunikasi, diskusi, dan keteladanan bagi siswa, serta memastikan manajemen sekolah dapat berjalan dengan baik.
Copyrights © 2023