Jurnal Wahana Pendidikan
Vol 11, No 2 (2024): Agustus

Implementasi Strategi Think Talk Write Untuk Meningkatkan Keterampilan Menceritakan Kembali Isi Cerpen Pada Siswa IXB SMP Negeri 1 Karangpucung Kabupaten Cilacap

Setiyawan, Dwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran dengan penggunaan strategi Think Talk Write untuk meningkatkan keterampilan menceritakan kembali isi cerpen di kelas IX B SMP Negeri 1 Karangpucung Kabupaten Cilacap. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IX B SMP Negeri 1 Karangpucung Kabupaten Cilacap. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Karangpucung . Subjek penelitian adalah siswa kelas IX B yang terdiri  atas 24 siswa. Objek penelitian ini adalah keterampilan bercerita. Penelitian dilakukan dalam dua siklus yang terdiri dari empat komponen setiap siklusnya, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi.  Penelitian ini dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dengan guru mata pelajaran Bahasa Indonesia. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi, angket, observasi, wawancara, catatan lapangan, dan tes keterampilan bercerita. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan strategi Think  Talk Write  dapat meningkatkan keterampilan bercerita siswa kelas IX B SMP Negeri 1 Karangpucung Kabupaten Cilacap. Peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari skor rata- rata keterampilan bercerita dari prasiklus sampai siklus II. Pada prasiklus, skor rata-rata kelas yang diperoleh sebesar 16,84, kemudian meningkat menjadi 21,42 pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 28,31 pada siklus II. Peningkatan skor rata-rata dari siklus I hingga siklus II sebesar 6,34 sedangkan skor rata-rata kelas dari prasiklus hingga siklus II sebesar 12,10.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jwp

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Wahana Pendidikan merupakan Jurnal Ilmiah Nasional yang memuat artikel penelitian (research article) di bidang pengembangan proses pembelajaran, praktikum, pengembangan bahan ajar, peningkatan kompetensi guru, dan pengembangan manajemen sekolah. Jurnal Wahana Pendidikan diterbitkan secara ...