Equals : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Vol 7 No 1 (2024): Equals: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika

Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Ditinjau Dari Motivasi Belajar Matematika Pada Pokok Bahasan Aritmatika Sosial

Taufik, Azin (Unknown)
Prayitno, Anggar Titis (Unknown)
Damayanti, Alvina (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan kemampuan literasi matematis siswa ditinjau dari motivasi belajar matematika pada pokok bahasan aritmatika sosial. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah 5 orang siswa kelas VII SMPN 1 Darma yang terdiri dari 1 siswa dengan kategori motivasi sangat tinggi, 3 siswa dengan motivasi tinggi, dan 1 siswa dengan motivasi sedang. Teknik pengambilan subjek menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui instrumen tes, angket, dan wawancara. Aspek indikator literasi matematis yang digunakan yaitu diantaranya: 1) Merumuskan, 2) Menerapkan, dan 3) Menafsirkan. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan siswa yang memiliki motivasi sangat tinggi memiliki kemampuan literasi matematis rendah dan memenuhi dua aspek kemampuan literasi matematis yaitu formulate dan employ. Siswa yang memiliki motivasi tinggi memiliki kemampuan literasi matematis kategori sangat tinggi dan sedang, serta memenuhi tiga aspek kemampuan literasi matematis, meliputi formulate, employ, dan interpret. Sedangkan siswa yang memiliki motivasi sedang memiliki kemampuan literasi matematis rendah dan memenuhi dua aspek kemampuan literasi matematis, yaitu employ dan interpret.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

equals

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Mathematics

Description

Jurnal Equals: Jurnal ilmiah Pendidikan Matematika, memuat artikel berupa hasil pemikiran, studi pustaka atau penelitian yang berkaitan dengan perkembangan bidang ilmu pendidikan matematika dan belum pernah diterbitkan dalam jurnal lain. ...