Mimbar Pendidikan Indonesia
Vol. 4 No. 3 (2023): September

Problem Based Blended Learning: Strategi Pembelajaran Efektif untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Sikap Kemandirian Belajar Informatika Siswa SMP

I Putu Rencanaguna (Unknown)
Ketut Agustini (Unknown)
I Gde Wawan Sudatha (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran problem based blended learning (PBBL) terhadap kemampuan berpikir kritis dan sikap kemandirian belajar Informatika siswa kelas VII SMP. Metode yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan desain penelitian quasi experiment. Populasinya adalah siswa kelas VII SMP yang berjumlah 368 orang. Sampel penelitian adalah siswa kelas VII yang berjumlah 64 orang yang diambil dengan teknik random sampling dan dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen diberikan pembelajaran dengan menggunakan model PBBL, sedangkan kelompok kontrol diberikan pembelajaran konvensional. Data kemampuan berpikir kritis siswa dikumpulkan menggunakan metode tes berupa soal pilihan ganda dan data sikap kemandirian belajar dikumpulkan menggunakan non tes berupa kuesioner. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan Manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan model PBBL terhadap kemampuan berpikir kritis dan sikap kemandirian belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan agar sekolah menerapkan model PBBL sebagai strategi pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan sikap kemandirian belajar siswa dalam mata pelajaran Informatika.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JIPI2

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Mimbar Pendidikan Indonesia (MPI) dalah salah satu jurnal yang menjadi wadah untuk mempublikasikan artikel yang berkaitan dengan hasil peneitian yang berkaitan dengan ilmu pendidikan. jurnal ini akan terbit sebanyak 3 kali dalam waktu setahun. Januari, Mei, dan ...