Al-Faiza: Journal of Islamic Education Studies
Vol. 2 No. 2 (2024): JULI

Strategi Memotivasi Belajar Siswa oleh Guru Pendidikan Agama Islam di SMP IT Daarul Muttaqien

M. Pd, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Aug 2024

Abstract

Strategi sangat perlu diperhatikan dalam proses pembelajaran, dengan adanya strategi maka proses belajar mengajar akan berlangsung dengan baik sebagaimana yang diharapkan. Rendahnya motivasi belajar siswa pendidikan agama islam menjadikan guru perlu memainkan strategi pembelajaran yang menarik dan terbaru. Kondisi inilah yang dihadapi di SMP IT Daarul Muttaqien. Penelitian ini menggunakan metode deskripsi analisis dengan jenis penelitian lapangan (field research) dan ditunjang oleh referensi-referensi yang berkaitan dengan tema yang dibahas di tulisan ini. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa di SMP IT Daarul Muttaqien. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dibantu dengan observasi dan dokumentasi. Hasil kajian ini menunjukkan bahwa perencanaan strategi dalam memotivasi belajar pada siswa dilakukan melalui; perencanaan strategi pengorganisasian, strategi penyampaian, perencanaan strategi penyampaian melahirkan beberapa item meliputi: 1) mempersiapkan kisah-kisah, 2) persiapan media (alat), 3) perencanaan pembelajaran melalui game. Perencanaan strategi pengelolaan kelas dan materi pembelajaran. Perencanaan strategi ini dilakukan guru Pendidikan Agama Islam untuk memperlancar proses pelaksanaan strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam memotivasi siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

faiza

Publisher

Subject

Other

Description

Al-Faiza:  Journal of Islamic Education Studies (ISSN: 3025-5147) has been published in Vol. 1 No. 1, October 2023. Our hope with the publication of this journal can help readers provide insight, ideas, and references, in the development of educational ...