Analisis Penggunaan Kalimat Interogatif dan Imperatif pada Anak Usia 7-8 Tahun dalam Interaksi Sehari-hari di Desa Panimbang serta Pemanfaatannya sebagai Bahan Ajar di SMA. Program Studi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah, Program Sarjana (S1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mathla’ul Anwar Banten. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan kalimat interogatif dan imperatif pada anak usia 7-8 tahun serta pemanfaatannya sebagai bahan ajar di SMA. Sumber data dalam penelitian adalah penggunaan kalimat interogatif dan imperatif pada anak usia 7-8 tahun. Adapun metode pada penelitian ini adalah metode deskriptif dengan jenis kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik rekam dan teknik catat. Analisis data menggunakan model yang diberikan moleong. Hasil penelitian menunjukan penggunaan kalimat interogatif dan imperatif pada anak usia 7-8 tahun, yaitu a). interogatif persial 15 tuturan b). interogatif total 10 tuturan c). imperatif biasa 6 tuturan d). imperatif permintaan 10 tuturan e). imperatif pemberian izin 6 tuturan f). imperatif ajakan 5 tuturan g) imperatif suruhan 5 tuturan. Pemanfaatan kalimat interogatif dan imperatif pada anak usia 7-8 tahun dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMA pada KD 3.2 Memahami struktur kalimat, teknik penggabungan kalimat, dan pengembangan paragraf serta menganalisisnya.
Copyrights © 2023