cover
Contact Name
Suarifqi Diantama
Contact Email
sdiantama@gmail.com
Phone
+6282219322077
Journal Mail Official
sdiantama@gmail.com
Editorial Address
Blok Manis RT 01/RW01 Desa Rawaurip Kecamatan Pangenan, Kab. Cirebon, Provinsi Jawa Barat, 45182
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Journal on Education and Teacher Professionalism
ISSN : -     EISSN : 30259436     DOI : -
Core Subject : Religion, Education,
Madrasah: Journal on Education and Teacher Professionalism adalah jurnal akademik yang berkomitmen untuk menjadi platform utama bagi peneliti, pendidik, praktisi pendidikan, dan profesional di bidang pendidikan dan profesionalisme guru dalam berbagi wawasan, temuan, dan gagasan yang memperkaya pemahaman tentang pendidikan dan profesionalisme guru serta menciptakan pendidikan yang bermakna dan relevan untuk mempersiapkan peserta didik dimasa yang akan datang. Jurnal ini dikelola oleh Al-shobar Publisher Yayasan Islam Al-Shobar Rawaurip dengan terbitan tiga kali dalam setahun.
Articles 35 Documents
THE CORRELATION BETWEEN 7TH GRADE JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS’ LEARNING STYLE AND THEIR FIRST SEMESTER EXAMINATION SCORE Ummi Nadhiroh
Madrasah: Journal on Education and Teacher Professionalism Vol. 1 No. 1 (2023): November
Publisher : Al-Shobar Publisher, Yayasan Islam Al-Shobar Rawaurip

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Every person has their own learning style. Visual, auditory, and kinesthetic become the most common learning style. Knowing the characteristics of each learning style facilitates students' receiving and processing of information or teaching materials presented. Understanding each student's characteristics and learning styles will make it easier for the teacher to develop the teaching and learning process utilizing a number of methods and strategies. This study aimed to find out the learning style that students like and their relationship with their test scores. Data were collected from 31 students in the seventh grade at MTs Muhammadiyah Batur. O' Brien's (1985) questionnaire was used to assess student learning styles. Pearson correlation coefficients analysis was used with the IBM SPSS Statistics 26 application to analyze learning styles for academic achievement. According to data analysis, Kinesthetic learning is the most common used in this study. Pearson correlation coefficient analysis revealed a high correlation or marked relationship between the 7th grade junior high school students learning style and their first-semester examination score. Interestingly, the kinesthetic learning style was discovered to be the most prevalent of the three types of learning and to have a strong correlation with students’ examination scores.
ANALISIS MAKNA DAN KLASIFIKASI NAMA DIRI (ANTRIPONIM) SISWA SMAN 1 MALINGPING SEBAGAI BAHAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA KELAS X Nurhayati; Meliyawati; Purlilaiceu
Madrasah: Journal on Education and Teacher Professionalism Vol. 1 No. 1 (2023): November
Publisher : Al-Shobar Publisher, Yayasan Islam Al-Shobar Rawaurip

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Analisis Makna dan Klasifikasi Nama Diri (Antroponim) Siswa SMAN 1 Malingping sebagai Bahan Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA Kelas X. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui makna dan klasifikasi pada Nama Diri (Antroponim) Siswa SMAN 1 Malingping sebagai Bahan Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA Kelas X. Penelitian ini menggunakan jenis atau pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan metode analisis data menggunakan analisis isi. Teknik analisis data melalui proses pengumpulan data, penyajian data, menganalisis data, triangulasi, dan menyimpulkan hasil penelitian. Adapun hasil dan pembahasan makna yang di teliti di atas memiliki beberapa jenis diantara lain yaitu: 1) Makna Leksikal, makna diri jenis leksikal ini yang ditemukan peneliti berjumlah 23 nama diri. 2) Makna Gramatikal yang terdapat pada nama diri dengan jumlah 14 nama diri yang dianalisis. 3) Makna Denotatif pada nama diri siswa SMAN 1 Malingping dengan jumlah 8 buah nama diri yang di analisis. 4) Makna Konotatif pada nama diri yang dimaksudkan oleh pembuat nama dengan jumlah 3 buah nama diri yang di analisis. 5) Makna Referensial dengan jumlah 65 nama diri. 6) Makna Kontekstual pada nama tersebut dengan jumlah 37 nama diri. Berdasarkan hasil analisis ke seratus lima puluh nama diri, dapat diklasifikasikan berdasarkan klasifikasi makna diri yaitu meliputi: a) Kriteria Keunikan berjumlah 65 nama diri; b) Kriteria Denotasi dan Konotasi berjumlah 50 nama diri; c) Kriteria Gramatikal 35 nama diri. Dengan demikian, setelah mengetahui makna nama diri teman-teman siswa yang lain prilaku bullying yang sering terjadi di kalangan siswa yang berkaitan dengan nama diri dapat diminimalkan.
PENERAPAN METODE GALLERY WALK TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS ANEKDOT KELAS X SMK NEGERI 5 PANDEGLANG Arman Maulana
Madrasah: Journal on Education and Teacher Professionalism Vol. 1 No. 1 (2023): November
Publisher : Al-Shobar Publisher, Yayasan Islam Al-Shobar Rawaurip

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) kemampuan menulis teks anekdot siswa kelas X SMK Negeri 5 Pandeglang dengan menggunakan  metode gallery walk ; 2) kemampuan menulis teks anekdot siswa kelas X SMK Negeri 5 Pandeglang menggunakan metode teacher center learning, Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dan siswa kelas X tahun pelajaran 2023/2024 sebagai populasi. Teknik sampel menggunakan random sampling. Sampel berjumlah 67 siswa. Didapat kemampuan menulis teks anekdot siswa menggunakan metode gallery walk  berkategori  baik.  Hasil  perhitungan  diperoleh  nilai  Mean  (????̅)  =  76,32, Median (Me) = 79,12, Modus (Mo) = 89,5, nilai Varians (S2) = 61,76 dan Standar Deviasi (S) = 7,90. Sedangkan kemampuan menulis teks anekdot  siswa menggunakan teacher center learning cukup. Dari pengolahan data diperoleh nilai Mean (????̅) = 63,31, Median (Me) = 65,5, dan Modus (Mo) = 72,5, nilai Varians (S2) = 62,3 dan Standar Deviasi (S) = 7,89. Hasil analisis data dapat disimpulkan terdapat pengaruh positif penggunaan metode gallery walk terhadap kemampuan menulis teks anekdot siswa kelas X SMK Negeri 5 Pandeglang tahun pelajaran 2023/2024. Hal ini ditunjukan dari hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung = 5,054 > ttabel = 1,998. . Berdasarkan data diatas dapat dikatakan bahwa método pembelajaran gallery walk dinyatakan baik, sedangkan model pembelajaran teacher center learning dinyatakan cukup.Dari hasil analisis di atas dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang positif penggunaan model pembelajaran Integratif terhadap kemampuan menulis teks anekdot pada siswa kelas X SMK Negeri 5 Pandeglang.
PENGARUH METODE PEMBELAJARAN HYBRID LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA SISWA DI MTs. DAARUL ‘ULUM PANYAUNGAN Sarhadi
Madrasah: Journal on Education and Teacher Professionalism Vol. 1 No. 1 (2023): November
Publisher : Al-Shobar Publisher, Yayasan Islam Al-Shobar Rawaurip

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pengaruh Metode Pembelajaran Hybrid Learning terhadap Kemampuan Menulis Teks Berita Siswa di MTs Daarul ‘Ulum Panyaungan. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Mathla’ul Anwar. Banten. 2023. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menulis teks berita siswa Kelas VIII MTs Daarul Ulum Panyaungan dengan menggunakan metode Hybrid Learning. Desain yang digunakan dalam penelitian ini hanya menggunakan post-tes sehingga bisa diketahui berapa besar tingkat kemampuan siswa dalam menulis teks berita sesuai dengan instrumen penilaian. Penelitian ini, guru membagikan link teks berita melalui media Google classroom grup kelas kemudian setiap siswa memodifikasinya menjadi teks berita dan akan dibahas pada saat tatap muka. Jika hasil rata-rata kemampuan siswa menunjukkan nilai baik atau sangat baik maka hybrid learning dianggap berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan siswa dalam menulis teks berita. Kemampuan menulis teks berita siswa kelas VIII MTs Daarul Ulum Panyaungan tahun pelajaran 2022/2023 yang menggunakan metode Hybrid Learning berkategori cukup. Dari 30 siswa yang menjadi objek penelitian diperoleh 24 siswa atau 80% dalam kemampuan menulis teks berita memiliki nilai 74 keatas (cukup) dan hanya 6 siswa atau 20% saja yang memiliki nilai di bawah 74. Hasil perhitungan statistik diperoleh nilai mean 79,6; median 79,98; modus 79,1 dan simpangan baku 31,81. Adapun keterkaitannya untuk dimanfaatkan sebagai bahan ajar bahwa hasil penelitian ini diharapkan sebagai sumbangan bagi guru untuk menggunakan metode pembelajaran yang tepat dalam kegiatan belajar mengajar. Penggunaan metode pembelajaran akan menopang keberhasilan siswa dalam meningkatkan kemampuan menulis teks berita. Dari hasil data terlihat bahwa siswa yang proses pembelajarannya diberikan metode Hybrid Learning memiliki skor nilai yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan hanya menggunakan metode daring media Google classroom.
ANALISIS JENIS DAN ASPEK KEBAHASAAN TEKS EKSPLANASI PADA BERITA ONLINE CNNINDONESIA.COM SERTA PEMANFAATANNYA SEBAGAI BAHAN AJAR Siti Nuraeni; Saraswati; Purlilaiceu
Madrasah: Journal on Education and Teacher Professionalism Vol. 1 No. 1 (2023): November
Publisher : Al-Shobar Publisher, Yayasan Islam Al-Shobar Rawaurip

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis dan aspek kebahasaan teks eksplansi pada berita online cnnindonesia.com serta pemanfaatannya sebagai bahan ajar. Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif yang memfokuskan analisis isi. Data dan sumber data pada penelitian ini berupa teks berita dari cnnindonesia.com. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri dengan uji validitas teori. Berdasarkan deskripsi hasil analisis teks eskplanasi ini berfokus kepada jenis dan aspek kebahasaan teks eksplanasi. Jenis teks eskplanasi ada empat macam yaitu faktorial, kausal, teoritis dan sequential. Pada jenis ini akan dijelaskan hasil dan efek, penyebab, beragam kemungkinan yang terjadi serta tahapan peristiwa secara rinci. Sedangkan aspek kebahasaannya ada tiga macam yaitu kata istilah, konjungsi kausalitas dan konjungsi kronologis. Pada aspek ini akan dijelaskan gabungan kata yang akan mengungkapkan makna yang khas dalam bidang tertentu, selain itu juga akan dijelaskan beberapa konjungsi yang berkaitan dengan sebab akibat dan berkaitan dengan waktu. Penelitian ini direkomedasikan untuk dipertimbangkan sebagai bahan pembelajaran bahasa Indonesia  guna meningkatkan kemampuan siswa dalam mengetahui jenis dan aspek kebahasaan teks eksplanasi pada berita online cnnindonesia.com.
THE EFFECT OF USING PICTURE MEDIA IN STUDENT'S VOCABULARY MASTERY AT THE TENTH GRADE STUDENT'S OF MTS MASYARIQUL ANWAR CARINGIN Fitaloka, Sonali Yutia; Ade Sudirman; Tatu Munawaroh
Madrasah: Journal on Education and Teacher Professionalism Vol. 1 No. 1 (2023): November
Publisher : Al-Shobar Publisher, Yayasan Islam Al-Shobar Rawaurip

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Makalah penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh penggunaan media gambar terhadap penguasaan kosakata siswa.  Makalah penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif, penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol.  Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Masyariqul Anwar yang berjumlah 9 siswa, kemudian yang menjadi sampel penelitian ini hanya dua kelas yaitu VIII E dan VIII F yang berjumlah 60 siswa.  Masing-masing kelas berjumlah 30 siswa, yaitu kelas VIII E sebagai kelas Eksperimen dan kelas VIII F sebagai Kontrol.  Berdasarkan hasil data dalam penelitian ini dilakukan perlakuan menggunakan gambar pada kelas eksperimen dan kelas kontrol menggunakan wall chart.  Peneliti menemukan bahwa penggunaan media gambar dapat meningkatkan penguasaan kosakata siswa, hal ini terlihat setelah penelitian melakukan perlakuan.  Nilai rata-rata kelas eksperimen skor minimum dan maksimum pretest adalah 40 dan 66 dan skor minimum dan maksimum posttest adalah 50 dan 90. Kemudian skor kelas kontrol skor minimum dan maksimum pretest adalah 40 dan 63 dan skor minimum dan maksimum posttest adalah 50 dan 70. Data dianalisis menggunakan program SPSS versi 22 for windows.  Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa pengajaran penguasaan kosakata siswa menggunakan gambar adalah signifikan.
ANALISIS STILISTIKA SEMANTIK PADA TULISAN ALAT TRANSPORTASI SEBAGAI BAHAN PEMBELAJARAN DI SMA Hilalillah, Siti Laelatul; Nanang Maulana; Meliyawati
Madrasah: Journal on Education and Teacher Professionalism Vol. 1 No. 1 (2023): November
Publisher : Al-Shobar Publisher, Yayasan Islam Al-Shobar Rawaurip

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Analisis Stilistika Semantik pada Tulisan Alat Transportasi sebagai Bahan Pembelajaran di SMA. Tujuan penelitian ini untuk Mendeskripsikan makna bahasa pada tulisan di alat transportasi, mengklasifikasikan gaya bahasa yang digunakan pada alat transportasi, dan memanfaatan tulisan pada alat transportasi digunakan sebagai bahan ajar di SMA. Penelitian ini menggunakan jenis atau pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan metode studi pustaka dan metode analisis data menggunakan analisis isi. Teknik analisis data melalui proses pengumpulan data, penyajian data, menganalisis data, triangulasi, dan menyimpulkan hasil penelitian. Adapun hasil dan pembahasan makna yang di teliti di atas memiliki beberapa jenis diantara lain yaitu: Nama pada tulisan alat transportasi banyak mengandung kaidah pemahaman yang dapat kita ambil seperti penggunaan bahasa-bahasa tertentu yang berdasarkan persoalan hubungan bahasa dengan makna yang dimaksud oleh pembuat tulisan tersebut, persoalan hubungan makna dengan maksud selalu menggambarkan pemikiran yang utuh. Adapun makna yang di teliti di atas memiliki beberapa jenis diantara lain yaitu: Makna tulisan jenis leksikal ini yang ditemukan peneliti berjumlah 27 tulisan. Makna gramatikal pada tulisan dengan jumlah 22 tulisan yang dianalisis. Makna denotatif dengan jumlah 11 buah tulisan yang di analisis. Makna konotatif dengan jumlah 7 buah tulisan yang di analisis. Makna referensial dengan jumlah 23 tulisan. Makna idiom dengan jumlah 5 tulisan. Makna istilah berjumlah 12 buah tulisan. Jenis gaya bahasanya yaitu meliputi: a) Pepatah berjumlah 26 tulisan; b) Metafora berjumlah 4 tulisan; c) Asonansi 17 tulisan; d) Pomeo 1 tulisan; e) Hiperbola 1 tulisan; f) Antanaklasis 2 tulisan; g) klimaks 1 tulisan; h) Retoris 2 tulisan; i) Aliterasi 16 tulisan; j) Repetisi 8 tulisan; k) Paradoks 1 tulisan; l) Personifikasi 1 tulisan; m) Retoris 2 tulisan; n) Metonimia 3 tulisan; o) Semboyan 14 tulisan; p) Antanaklasis 2 tulisan; q) ironi 1 tulisan; dan r) Bidal 4 tulisan. Jadi hasil penelitian yang dilakukan dapat dijadikan sebagai bahan pembelajaran bahasa indonesia di SMA materi siswa dapat percaya diri dan mampu memahami jenis-jenis makna kata diksi dan gaya bahasa dengan benar dan kritis. 
ANALISIS EMOSI TOKOH DALAM NOVEL “LAYANGAN PUTUS” KARYA MOMMY ASF SERTA PEMANFAATANNYA SEBAGAI BAHAN AJAR DI SMA Penti Laila; Sopyan Sauri; Nanang Maulana
Madrasah: Journal on Education and Teacher Professionalism Vol. 1 No. 1 (2023): November
Publisher : Al-Shobar Publisher, Yayasan Islam Al-Shobar Rawaurip

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai emosi tokoh dalam novel serta dapat dimanfaatkan sebagai bahan ajar di sekolah khususnya SMA. Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif yang memfokuskan analisis isi. Data dan sumber data pada penelitian ini berupa teks, seperti: kata, frase, kalimat, atau percakapan yang berkaitan dengan nilai emosi tokoh. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik baca catat. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri dengan uji validitas teori. Berdasarkan deskripsi hasil analisis novel Layangan Putus karya Mommy ASF memuat emosi tokoh yaitu emosi positif dan emosi negatif. Emosi positif berupa rasa cinta, sayang, gembira dan kagum. Emosi negatif berupa rasa sedih, marah, takut dan benci. Novel ini mengkaji kejiwaan beberapa tokoh dalam ucapan maupun gerakan. Novel ini memiliki nilai-nilai dan makna pendidikan, salah satunya  mengajarkan sikap bagaimana hubungan dengan Tuhan, sesuai dengan emosi cinta berupa cinta kepada Allah Swt. Novel ini juga mengajarkan bagaimana kejiwaan yang baik, serta mengajarkan cara menyikapi dan mengontrol emosi. Emosi berupa perasaan cinta, sayang, gembira dan kagum serta perasaan sedih, marah, takut dan benci. Penelitian ini direkomedasikan  untuk dipertimbangkan sebagai bahan Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia  guna meningkatkan kemampuan siswa dalam mengetahui emosi tokoh dalam karya sastra, khususnya novel dan dapat meningkatkan pengajaran sastra di sekolah.
EFEKTIVITAS PROGRAM BIMBINGAN KARIR UNTUK MENINGKATKAN KEMATANGAN KARIR SISWA SMA KELAS XI DI SMA NEGERI 2 BANJARSARI TAHUN AJARAN 2023/2024 Inda Yani; Devi Nurul Fikriyani; Vasco Delano
Madrasah: Journal on Education and Teacher Professionalism Vol. 1 No. 1 (2023): November
Publisher : Al-Shobar Publisher, Yayasan Islam Al-Shobar Rawaurip

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kematangan karir sebagai kesiapan dan kemampuan individu untuk merencanakan dan mencari informasi mengenai pilihan karir yang sesuai dengan dirinya, sehingga akhirnya mampu memilih karir yang akan dijalaninya. Siswa Sekolah Menengah Atas ditunut untuk dapat memahami diri dan passionnya. Pemahaman dan pengertian terhadap diri sendiri sangatlah penting agar masa depan siswa dapat mulai dibangun, utamanya sejak SMA, seharusnya siswa sudah mendapatkan cukup gambaran untuk menata hidup mereka ditaraf yang lebih serius. Salah satu faktor yang menunjang siswa untuk meraih masa depan yang cerah dan gemilang adalah dengan memiliki kematangan karir yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas bimbingan karir untuk meningkatkan kematangan karir siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis quasi eksperimental design. Sampel dan Populasi penelitian adalah siswa kelas XI SMAN 2 Banjarsari yang dibagi menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket kematangan karir yang disusun oleh peneliti sedangkan teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji T. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa seseorang yang memiliki kematangan karir mampu meningkatkan pengetahuan akan diri, meningkatkan pengetahuan tentang pekerjaan, meningkatkan kemampuan memilih pekerjaan, meningkatkan kemampuan merencanakan langkah-langkah menuju karir yang di harapkan, meningkatkan kemampuan dan minat siswa yang sesuai dengan karir yang dipilihnya.
THE EFFECT OF SNOWBALL THROWING STRATEGY TOWARDS STUDENTS' NARRATIVE READING COMPREHENSION Ferdiansyah; Gumelar, Rizdki Elang; Novari, Ari Fajria
Madrasah: Journal on Education and Teacher Professionalism Vol. 1 No. 1 (2023): November
Publisher : Al-Shobar Publisher, Yayasan Islam Al-Shobar Rawaurip

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This research paper aims to determine The Effect of Snow Ball Throwing Strategy Towards Students’ Narrative Reading Comprehension Grade at the Tenth of SMAN 6 Pandeglang. This study uses a quantitative approach with a quasi-experimental design research method, which uses three concepts, namely, pre-test, treatment and post-test. The population was 180 students and the samples of this research was 72 students that consisted of 36 students of experimental class and 36 students of control class. The result of post-test both experimental class and control class, after getting the treatment the result of experimental class is 69.30 and control class is 68.47, it means the result of experimental class is higher than control class. In addition, based on the paired samples t-test with the level significant 5% (a=0.05), it found that the null hypothesis (H0) was rejected and the alternative hypothesis (Ha) was accepted. Because the significance (2 tailed) result the experimental class was lower than level significance 5% (0.000 < a=0.05). The result reveal that using the strategy of throwing snowballs is very helpful and easy for students to learn, this media can improve students' reading comprehension. Based on the result in this study, that the strategy throwing snowballs is very useful for teachers to improve students' reading comprehension, and easy to learn for students.

Page 1 of 4 | Total Record : 35