Journal on Education and Teacher Professionalism
Vol. 1 No. 1 (2023): November

PERAN ORANG TUA TERHADAP KEAKSARAAN AWAL ANAK USIA DINI

Arini Inayatul Fajriyah (Unknown)
Sumarno (Unknown)
Universitas PGRI Semarang (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran orang tua dalam mendukung keaksaraan awal anak usia dini di RA Nurul Jadid. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan melibatkan 49 orang tua sebagai responden. Instrumen kuesioner digunakan untuk mengumpulkan data terkait pemahaman orang tua mengenai kebiasaan literasi, pengenalan kosa kata, penyediaan sumber bacaan, dan aktivitas literasi di rumah. Analisis dilakukan terhadap karakteristik responden, tanggapan orang tua, serta uji normalitas dan frekuensi berdasarkan kategori pengetahuan. Hasil menunjukkan bahwa mayoritas responden adalah perempuan (80%) dan memiliki variasi jumlah anak dalam keluarga. Tanggapan positif orang tua terhadap kuesioner mencerminkan peran yang sangat aktif dan positif dalam mendukung literasi anak-anak mereka. Uji frekuensi menunjukkan bahwa sebagian besar orang tua (87.8%) memiliki pengetahuan yang baik terkait keaksaraan awal anak usia dini. Hal ini mencerminkan peran positif orang tua dalam menciptakan lingkungan belajar yang positif di rumah dan memberikan dukungan yang memadai untuk pendidikan anak usia dini. Kesimpulannya, peran orang tua di RA Nurul Jadid memiliki dampak positif dalam membentuk keaksaraan awal anak-anak dan perlu diperkuat melalui strategi pendidikan yang lebih lanjut.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

madrasah

Publisher

Subject

Religion Education

Description

Madrasah: Journal on Education and Teacher Professionalism adalah jurnal akademik yang berkomitmen untuk menjadi platform utama bagi peneliti, pendidik, praktisi pendidikan, dan profesional di bidang pendidikan dan profesionalisme guru dalam berbagi wawasan, temuan, dan gagasan yang memperkaya ...