Journal of Education and Instruction (JOEAI)
Vol 6 No 2 (2023): JOEAI (Journal of Education and Instruction)

Analisis Kemampuan Berhitung Cepat Melalui metode Jarimatika Siswa Kelas IV SD Negeri Mambang

Efriyanti, Renni (Unknown)
Prananosa, Ahmad Gawdy (Unknown)
Rosalina, Elya (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan siswa, kemampuan siswa, dan faktor penyebab kesulitan siswa dalam berhitung menggunakan metode jarimatika di kelas IV SD Negeri Mambang. Penelitian ini bersifat kualitatif. Teknik pengumpulan data yang meliputi; Observasi, Wawancara, Soal-soal, dan Dokumentasi, subjek penelitian ini adalah siswa dan guru kelas IV SD Negeri Mambang. Teknik analisis data menggunakan reduksi data penyajian data dan penarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesulitan siswa kelas IV di SD Negeri mambang dalam berhitung cepat menggunakan metode jarimatika pada materi bangun datar, yakni kesulitan fakta, konsep, prinsip, operasi. Kemampuan siswa berhitung cepat dalam menggunakan metode jarimatika yaitu mampu menyelesaikan soal, membuat soal dan penyelesaiannya, mampu menjelaskan cara penyelesaian soal dengan menggunakan metode jarimatika. Faktor penyebab kesulitan siswa dalam berhitung cepat menggunakan metode jarimatika yaitu siswa belum lancar membaca serta kurangnya memahami kemampuan penggunaan metode jarimatika pada soal matematika, siswa kesulitan menemukan hal yang ditanya dan diketahui dalam soal, siswa jarang membaca dan memahami soal-soal terkait materi dan penggunaan metode jarimatika, siswa tidak paham dengan metode penyelesaian soal menggunakan metode jarimatika, siswa bingung menggunakan metode berhitung menggunakan jarimatika, siswa tidak teliti dalam melakukan perhitungan menggunakan metode jarimatika, siswa belum menguasai operasi perkalian menggunakan metode jarimatika. Kata Kunci: Analisis, kemampuan berhitung cepat melalui metode jarimatika.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JOEAI

Publisher

Subject

Education

Description

Journal of Education and Instruction (JOEAI) memuat artikel hasil penelitian baik penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan mixed method yang terkait dengan bidang ilmu teknologi ...