Journal of Education and Instruction (JOEAI)
Vol 6 No 2 (2023): JOEAI (Journal of Education and Instruction)

Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Scientific pada Pembelajaran IPS Siswa Kelas IV SD Negeri 12 Lubuklinggau

Fatriciadewi, Putri (Unknown)
Frima, Aren (Unknown)
Yuneti, Armi (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan desain lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis scientific. Menguji kevalidan, kepraktisan, dan efek potensial lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis scientific dalam pembelajaran IPS SD Negeri 12 Lubuklinggau. Jenis penelitian ini yaitu research and development dengan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Negeri 12 Lubuklinggau. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket, dan tes. berdasarkan hasil validitas lembar kerja peserta didik berbasis scientific berdasarkan penilaian ahli bahasa, ahli materi, dan ahli media menunjukan bahwa LKPD berbasis scientific memenuhi kriteria valid dengan skor rata-rata 0,87. Sedangkan analisis penilaian lembar kepraktisan pendidik dan peserta didik diperoleh bahwa LKPD berbasis scientific memenuhi kriteria praktis dengan skor 92,25%. Pada uji lapangan diperoleh efek potensial sebesar 89% dengan klasifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis scientific terbukti valid, praktis dan memiliki efek potensial dalam pembelajaran IPS SD Negeri 12 Lubuklinggau. Kata kunci: Pengembangan, Lembar Kerja Peserta Didik, Scientiific, IPS.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JOEAI

Publisher

Subject

Education

Description

Journal of Education and Instruction (JOEAI) memuat artikel hasil penelitian baik penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan mixed method yang terkait dengan bidang ilmu teknologi ...