Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Kevalidan, Kepraktisan, dan Keefektifan LKS IPA Berbasis Scientific pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Metode dalam penelitian ini mengacu pada pengembangan LKS IPA Berbasis Scientific dengan desain dan pengembangan modul pembelajaran menggunakan model pengembangan 4-D yang terdiri 4 tahapan yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perencanaan (design), tahap pengembangan (development) dan tahap penyebaran (disseminate). Berdasarkan data yang telah dinalisis oleh peneliti pada penelitian pengembangan LKS berbasis Scientific untuk siswa kelas V SD Negeri 3 Lubuklinggau, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa dari ketiga validator yakni ahli bahasa, ahli materi dan ahli media diperoleh nilai keseluruhan sebesar 0,88 dengan kategori tinggi. Untuk tahap uji kepraktisan pendidik dan siswa dengan persentase secara keseluruhan sebesar 94,32 dengan kategori sangat praktis. Sedangkan untuk tahap uji efektifitas setelah dianalisis oleh peneliti diperoleh nilai persentas sebesar 0,55 melalui perhitungan menggunakan formula N-gain (g). Kata Kunci: Scientific, LKS IPA
Copyrights © 2024