Journal of Education and Instruction (JOEAI)
Vol 7 No 1 (2024): JOEAI (Journal of Education and Instruction)

Pengaruh Metode VAKT untuk Kemampuan Mengenal Huruf E-N pada Anak dengan Kesulitan Belajar

Afdila, Izza Aliatul (Unknown)
Zusfindhana, Inna Hamida (Unknown)
Adi, Partiwi Ngayuningtyas (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 May 2024

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui metode VAKT yang diterapkan pada anak kesulitan belajar mengenal huruf (e, f, g, h, i, j, k, l, m, n) memiliki dampak atau tidak. Studi ini menggunakan jenis penelitian SSR (single subject reserch). Hasil penelitian diamati selama 14 pertemuan dimana 4 pertemuan baseline dan 10 pertemuan intervensi. Dalam kondisi baseline mendapatkan persentase 10%, 20%, 30%, 30% dan pada fase intervensi mendapatkan persentase 30%, 40%, 50%, 50%, 60%, 70%, 60%, 80%, 90%, 100%. Hasil menunjukkan bahwa nilai terkecil 10% dan terbesar 30% berada pada fase baseline, serta mean level 22.5%. Dalam fase intervensi nilai terkecil 30% dan nilai terbesar 100%, serta mean level 63%, perubahan level pada tahap keduanya sebesar 0%. Melalui hasil data penelitian dapat diketahui bahwa metode VAKT memberikan pengaruh terhadap kemampun mengenal huruf E-N terhadap anak kesulitan belajar. Kata Kunci : metode VAKT, kemampuan mengenal huruf, anak dengan kesulitan belajar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JOEAI

Publisher

Subject

Education

Description

Journal of Education and Instruction (JOEAI) memuat artikel hasil penelitian baik penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan mixed method yang terkait dengan bidang ilmu teknologi ...