Journal of Education and Instruction (JOEAI)
Vol 7 No 1 (2024): JOEAI (Journal of Education and Instruction)

Pengaruh Video Pembelajaran Digital Marketing terhadap Pemahaman Berwirausaha Bagi Warga Belajar Disabilitas Daksa di PKBM Rumpun Aksara

Ramadhani, Redita Berliana (Unknown)
Adi, Partiwi Ngayuningtyas (Unknown)
Ariyanto, Dedy (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Apr 2024

Abstract

Penggunaan video pembelajaran digital marketing yang dikembangkan dalam program vokasi kewirausahaan menjadi solusi bagi warga belajar disabilitas daksa yang mengalami kesulitan dalam memahami materi digital marketing dikarenakan metode pembelajaran yang monoton. Sehubungan dengan penelitian yang dilaksanakan, rumusan masalah yang diusulkan yakni apakah ada pengaruh video pembelajaran digital marketing terhadap pemahaman berwirausaha bagi warga belajar disabilitas daksa di PKBM Rumpun Aksara?. Penelitian ini mempunyai tujuan demi mengetahui pengaruh video pembelajaran digital marketing terhadap pemahaman berwirausaha bagi warga belajar disabilitas daksa di PKBM Rumpun Aksara. Metode penelitian ini memakai pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian one group pre-test post-test (pre-experimental design). Populasi penelitian sejumlah 10 orang. Data dikumpulkan dengan tes yang diberikan melalui google form. Tes diberikan dalam bentuk pilihan ganda yang berisi materi tentang digital marketing. Teknik pengolahan data mempergunakan uji normalitas sapiro wilk dan uji t dua sampel berpasangan atau paired sample t test. Merujuk hasil analisis data menggunakan paired sample t test tampak bahwa t hitung ≥ t tabel, maka Ho mengalami penolakan dan H1 mengalami penerimaan. Untuk itu bisa disimpulkan yakni ditemukan pengaruh video pembelajaran digital marketing terhadap pemahaman berwirausaha bagi warga belajar disabilitas daksa di PKBM Rumpun Aksara. Pengaruh yang diberikan dapat dilihat dari nilai mean pada tabel analisis paired sample t test sebesar Kata Kunci : Vidio Pembelajaran, Digital Marketing, Warga Belajar Disabilitas Daksa Penggunaan video pembelajaran digital marketing yang dikembangkan dalam program vokasi kewirausahaan menjadi solusi bagi warga belajar disabilitas daksa yang mengalami kesulitan dalam memahami materi digital marketing dikarenakan metode pembelajaran yang monoton. Sehubungan dengan penelitian yang dilaksanakan, rumusan masalah yang diusulkan yakni apakah ada pengaruh video pembelajaran digital marketing terhadap pemahaman berwirausaha bagi warga belajar disabilitas daksa di PKBM Rumpun Aksara?. Penelitian ini mempunyai tujuan demi mengetahui pengaruh video pembelajaran digital marketing terhadap pemahaman berwirausaha bagi warga belajar disabilitas daksa di PKBM Rumpun Aksara. Metode penelitian ini memakai pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian one group pre-test post-test (pre-experimental design). Populasi penelitian sejumlah 10 orang. Data dikumpulkan dengan tes yang diberikan melalui google form. Tes diberikan dalam bentuk pilihan ganda yang berisi materi tentang digital marketing. Teknik pengolahan data mempergunakan uji normalitas sapiro wilk dan uji t dua sampel berpasangan atau paired sample t test. Merujuk hasil analisis data menggunakan paired sample t test tampak bahwa t hitung ≥ t tabel, maka Ho mengalami penolakan dan H1 mengalami penerimaan. Untuk itu bisa disimpulkan yakni ditemukan pengaruh video pembelajaran digital marketing terhadap pemahaman berwirausaha bagi warga belajar disabilitas daksa di PKBM Rumpun Aksara. Pengaruh yang diberikan dapat dilihat dari nilai mean pada tabel analisis paired sample t test sebesar Kata Kunci : Vidio Pembelajaran, Digital Marketing, Warga Belajar Disabilitas Daksa

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JOEAI

Publisher

Subject

Education

Description

Journal of Education and Instruction (JOEAI) memuat artikel hasil penelitian baik penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan mixed method yang terkait dengan bidang ilmu teknologi ...