Jurnal Basicedu
Vol. 8 No. 3 (2024)

Penerapan Media Spinning Wheel untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I Sekolah Dasar

Wahyudi, Sri (Unknown)
Safrudin, Safrudin (Unknown)
Hutagaol, Ramses (Unknown)
Indah, Debby (Unknown)
Dwiana, Ari Aprilia (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan membaca awal siswa yaitu siswa kesulitan membaca suku kata atau siswa masih mengeja huruf satu per satu dan siswa masih kesulitan membaca kata yang diawali dan diakhiri dengan konsonan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut peneliti menggunakan penerapan media roda putar (Spinning Wheel) untuk meningkatkan kemampuan membaca awal siswa kelas I SD Negeri 002 Rambah Samo. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan melaksanakan penelitian dalam 2 siklus setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan dengan jumlah subjek sebanyak 25 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan membaca awal siswa setelah pembelajaran menggunakan media roda berputar. Peningkatan tersebut terlihat dari nilai rata-rata rekapitulasi hasil observasi siswa pada siklus I sebesar 67,6% dan pada siklus II sebesar 80,8%. Peningkatan yang diperoleh dari siklus I ke siklus II sebesar 13,2% Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan media spinning wheel dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas I SD Negeri 002 Rambah Samo

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Penelitian tentang ilmu kependidikan dan bertujuan membandingkan keefektifan model pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan pendekatan discovery yaitu dengan memberi soal pemecahan masalah pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa PGSD Universitas ...