Jurnal Basicedu
Vol. 8 No. 4 (2024)

Analisis Implementasi Profil Pelajar Pancasila Dimensi Kreatif Kelas IV di Sekolah Dasar

Kinasih, Sekar (Unknown)
Rusmawan, Rusmawan (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jul 2024

Abstract

Profil pelajar Pancasila dilakukan dalam pembelajaran intrakurikuler, kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler fokus terhadap pembentukan karakter dan kemampuan keseharian yang ada diri peserta didik pembelajaran di Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi profil pelajar Pancasila dimensi kreatif kelas IV dalam pembelajaran di Sekolah Dasar. Pada penelitian ini menggunakan jenis kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan implementasi profil pelajar Pancasila dimensi kreatif di kelas IV Sekolah Dasar sudah baik dan tampak pada saat kegiatan intrakurikuler, ekstrakurikuler, P5 dan budaya sekolah yang mengacu peserta didik dalam memberikan ide meningkatkan pengetahuan dan kreativitas mereka

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Penelitian tentang ilmu kependidikan dan bertujuan membandingkan keefektifan model pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan pendekatan discovery yaitu dengan memberi soal pemecahan masalah pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa PGSD Universitas ...